Pusing dan demam, perlu minum parasetamol berapa kali?

ET Info Penanya: ET, Wanita, 1 Tahun
Dok kmrin kan saya sakit kepala bagian belakang ya dong disertai badan hangat,kmrin kata dokter suruh konsumsi Paracetamol,ini pusing nya hilang TPI anget nya masih ini bisa sembuh dlm brpa hari ya?? Dan konsumsi nya brpa hari sekali
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam ET,

Sakit kepala belakang adalah gejala yang bisa timbul karena kebiasaan sehari-hari seperti kurang istirahat, stres, kurang tidur, dehidrasi, otot yang tegang ataupun karena kondisi lain seperti misalnya adanya infeksi, demam, benturan kepala, gangguan gigi, mata ataupun lainnya.

Cara mengatasi sakit kepala

Jika mengalami sakit kepala berulang, perlu dihindari penyebabnya. Perlu perbaiki keseharian dengan cara:

  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat dan tidur dengan cukup 7-8 jam perharinya
  • Lakukan relaksasi
  • Hindari aktivitas berat
  • Hindari banyak pikiran dan stres
  • Lakukan pijatan di area leher dan bahu
  • Mandi air hangat

Jika badan terasa hangat ada baiknya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dimana jika suhu tubuh dibawah 37,5 derajat masih dikatakan normal dan tidak demam. Jika timbul sakit kepala atau demam bisa mengonsumsi parasetamol saat ada keluhan saja dan maksimal 3 kali sehari.

Obat parasetamol juga tidak perlu dikonsumsi setiap hari, kecuali jika ada demam maka bisa dikonsumsi selama 3 hari. Jika lebih dari 3 hari demam tetap tinggi diatas 38 derajat, sakit kepala tidak membaik atau bertambah berat, ada mual dan muntah, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

otak beku saat memakan es krim terlalu cepat

Makan Es Krim Sebabkan Otak Beku, Mengapa Bisa Demikian?

Menikmati es krim, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya, mungkin terasa sangat menyenangkan dan memuaskan dahaga. Meski demikian, ada satu hal yang mengganggu saat menyantap es krim, yakni Anda mengalami “otak beku” (brain freeze).