Kenapa pusing terus?

KK Info Penanya: KK, Wanita, 30 Tahun
Maaf dok, saya ongen bertanya.. saya sering merasakan pusing sekali, dan seringkali mual jika sudah sngat pusing.. dan mlut pun terasa pahit jika masuk mkanan atau minuman.. sbner nya ini. Bagaimana menurut dokter, sakit apa biasanya sperti itu.? Dan obat apa yg biasanya harus sya belii.??n Teims s sbmlm na.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KK,

Pusing adalah perasaan tidak nyaman di kepala yang bisa berupa berputar, berdenyut, atau seperti berkunang-kunang yang dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Berikut ini beberapa penyebab pusing seperti yang Anda alami:

  • Anemia. Kurangnya sel darah merah akan menimbulkan keluhan pandangan gelap dan berkunang-kunang saat ada perubahan posisi tubuh yang mendadak misal dari duduk ke berdiri.
  • Tekanan darah rendah. Gejalan yang muncul menyerupai pada penderita anemia.
  • Terlambat makan. Makan yang tidak teratur akan menyebabkan kadar gula rendah dan timbul keluhan pusing serta mual muntah, keringat dingin, lemas, dll.
  • Vertigo.
  • Kurang tidur. Adanya insomnia atau sering terbangun saat tidur malam akan menimbulkan keluhan pusing keesokan harinya.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan pusing tersebut adalah dengan cara:

  1. Minum paracetamol untuk meredakan pusing sesaat.
  2. Segera makan bila sebelumnya Anda terlambat makan, atau minum teh hangat manis atau jahe hangat manis bila Anda terasa mual.
  3. Minum antacida untuk mengurangi mual.
  4. Tidur secara teratur.
  5. Segera duduk atau berbaring agar tidak sampai jatuh.

Bila keluhan berlanjut, muncul penglihatan ganda, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah gangguan yang kerap terjadi pada ibu hamil

Berikut Penyebab Tekanan Darah Rendah Selama Kehamilan

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi normal pada 24 minggu pertama kehamilan dan tidak menyebabkan masalah. Namun, jika tekanan darah normal kurang dari 120/80 mmHg dapat menyebabkan pusing, mual, hingga pingsan.