24 May 2021, 18:26Penyakit Lainnya

Pusaran Av shunt naik ke atas lengan apakah aman?

RN
Info Penanya: RN, Wanita, 22 Tahun
Ibu sya pasien CKD usia 63th. Knpa ya dok setelah cuci darah dengan av shunt di tangan selama 2 bulan ini kok lama2 pusarannya yg paling kencang semakin naik ke atas dri tempat operasi?kira2 di atasnya 15cm. Apakah aman kalau perawat menyuntik untuk HD di sana?soalnya katanya belum pernah ada kejadian seperti ini. Sya takut klo tiba2 justru merusak aliran av shunt yg telah dibuat.
217 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,AV shunt adalah jalur yang menghubungkan pembuluh darah dengan alat hemodialisa atau cuci darah untuk penderita gagal ginjal tahap akhir. AV shunt bertujuan untuk membuang sisa metabolisme tubuh dan menggantikan fungsi ginjal yang sudah rusak. 

Keamanan AV shunt yang berubah posisi

Mengenai pertanyaan apakah aman jika terdapat pusaran yang semakin naik, sesungguhnya pusaran terbagi menjadi dua yaitu bruit yang merupakan bunyi yang dapat terdengar di stetoskop maupun thrill yang merupakan getaran yang terasa saat di pegang. Jika berpindah tempat artinya ada kemungkinan terjadi stenosis atau penyempitan pada pembutuh darah tersebut. Namun beberapa ahli juga mengatakan bahwa selama bunyi belum berubah maka belum terjadi stenosis. Untuk memastikan, sebaiknya bicarakan dengan dokter yang memasangkan AV shunt tersebut, ada kemungkinan diperlukan pemasangan AV shunt baru jika memang dibutuhkan tergantung kondisi pasien saat ini. Untuk itu sebaiknya cuci darah ditunda sebelum Anda melakukan konsultasi ke dokter Spesialis Penyakit Dalam yang menangani agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penyakit ginjalpembuluh darahgagal ginjal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil