04 Oct 2021, 11:08Psikologi

Cara mengatasi gangguan kecemasan berlebih

RA
Info Penanya: RA0
Dok sy pernag terkena tindakan seksual di april lalu. Bahkan di rmh sy sendiri. Semenjak itu saya skrng jadi suka panik, cemas, khawatir gakut terjadi apa apa. Kuncinya harus apa ya dok biar ga khawatir? Saya butuh pegangan untuk berpikir logis. Krn setiap sy di rmh saya berpikir ada virus menular dari orng yg melakukan tindakan seksual kpd saya di april lalu. Krn itu sy pun jg menjadi sedikit2 cuci tangan, sdikit2 merasa jiji dengan permukaan rmh takut ada virus.
121 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, R.Terkait pertanyaan Anda, Anda pernah bertanya hal yang sama dan sudah dijawab oleh dokter kami. Anda seharusnya melakukan saran yang diberikan. Karena dari penelusuran email Anda, Anda selalu bertanya mengenai hal yang sama dan semua mengacu ke gangguan kecemasan.

Apakah saya mengalami gangguan kecemasan ?

Anda yang mengalami tindakan seksual pada bulan April di rumah, dimana hal ini membuat Anda sering merasa panik, cemas dan khawatir. Anda berpikir bahwa di rumah selalu ada virus yang dapat menularkan Anda sehingga Anda terus mencuci tangan dan merasa jiik dengan permukaan rumah, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

Bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan ? 

Cara mengatasi gangguan kecemasan antara lain :
  • Berpikir tenang dan berpikir positif.
  • Lakukan kegiatan lain seperti olahraga, mendengar musik, bermain bersama teman, menonton film.
Permukaan benda yang telah disentuh oleh orang yang melakukan tindakan seksual pada Anda tidak dapat menularkan penyakit apalagi kejadian tersebut sudah terjadi pada bulan April yang lalu.Anda seharusnya konsultasi segera ke dokter psikiater untuk masalah kecemasan Anda agar Anda dapat berpikir dengan tenang tanpa dihantui rasa takut dan cemas berlebihan. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
post traumatic stress disorder (PTSD)gangguan kecemasangangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil