Perdarahan pada luka gores punggung tangan

NA Info Penanya: NA, Wanita, 18 Tahun
Malam dokter, dok mau tanya klo punggung tangan ke gores terus ngalir darah banyakkk banget, aman ga ya? Tpi baru kali ini doang ngalir terus mungkin kalo ditadahin segelas kecil, biasanya kalau luka hanya sebentar dan sedikit..bahaya atau enggak ya dok?Mohon bantuannya:)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Perdarahan adalah keadan saat darah mengalir keluar dari tempat yang seharusnya yaitu pembuluh darah dan mengakibatkan penderita kehilangan sejumlah darah di bagian tubuh tertentu dan dapat berakibat pada keadaan tubuh secara keseluruhan. Perdarahan dapat terjadi karena berbagai faktor seperti trauma atau cedera. Khususnya pada perdarahan luka terbuka, dapat disebabkan oleh trauma benda tajam, berupa luka sayat atau luka gores yang mengakibatkan kerusakan jaringan yang dapat mencapai pembuluh darah, sehingga terjadilah pengeluaran darah.

Perdarahan dapat berskala ringan (minor) atau berat (mayor). Hal tersebut bergantung pada seberapa banyak darah yang keluar, serta berhubungan dengan pembuluh darah mana yang mengalami kerusakan. Pembuluh darah yang besar seperti pada leher dan paha apabila mengalami cedera dapat dengan cepat mengeluarkan darah dan dengan volume yang banyak.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, perdarahan yang terjadi perlu untuk segera dihentikan. Jika luka yang Anda alami mengakibatkan kerusakan yang cukup dalam atau banyak pada pembuluh darah di punggung tangan Anda, Anda dapat kehilang cukup banyak darah dan mengalami komplikasi seperti anemia. Perdarahan yang Anda alami dapat pula terjadi karena adanya gangguan pada proses pembekuan darah.

Jika dengan malakukan balut tekan pada sumber perdarahan tidak menghentikan perdarahan yang dialami, sebaiknya segera mencari bantuan medis darurat. Untuk sementara perbanyaklah konsumsi cairan (air putih) untuk membantu mengatasi kehilangan darah yang dialami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kurangnya kadar oksigen dalam darah dapat memicu sianosis yang menyebabkan jari-jari tangan berwarna kebiruan

Sianosis Adalah Masalah pada Sel Darah Merah, Siapa yang Rentan Mengalaminya?

Gejala sianosis adalah ketika jari tangan, kaki, dan bibir tampak kebiruan serta mati rasa. Pemicunya adalah masalah pada kadar oksigen dalam sel darah merah.