Apakah punggung pegal bisa disebabkan oleh maag?

UP Info Penanya: UP, Wanita, 25 Tahun
Selamat malam, dok saya mau bertanya, apakah maag atau asam lambung bisa membuat punggu pegal atau sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, UP.

Maag didefinisikan sebagai gejala pencernaan oleh kebanyakan orang, seperti mual, muntah, nyeri perut terutama di ulu hati, dan begah atau kembung. Pada beberapa kasus yang parah, maag bisa menyebabkan muntah atau buang air besar berdarah. Hal ini terjadi karena peningkatan asam yang mengikis lapisan lambung.

Selain maag, ada juga gangguan pencernaan yang disebut sebagai GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Penderita GERD akan mengalami refluks asam lambung yang naik ke tenggorokan, dan menyebabkan gejala maag yang disertai dengan sendawa dan mulut terasa asam. Terkadang, GERD juga menyebabkan gejala nyeri dada, nyeri punggung atas seperti yang Anda sebutkan, ataupun jantung berdebar.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mendiagnosis penyakit sendiri hanya berdasarkan gejala-gejala yang timbul. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda. Selain GERD, masih banyak penyakit lain yang menyebabkan nyeri punggung; seperti nyeri otot, skoliosis, cedera saraf, dan lain-lain. Apabila dibutuhkan, dokter spesialis penyakit dalam mungkin akan merujuk Anda ke spesialis terkait penyebab nyeri punggung Anda.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik ditandai dengan nyeri ulu hati, mual, dan perut terasa kembung

Bagi Penderita GERD Waspadai 6 Ciri Asam Lambung Naik

Ciri-ciri asam lambung naik pada penderita GERD berupa dada nyeri dan terbakar hingga rasa pahit di tenggorokan. Cara antisipasinya dengan makan porsi kecil dan sering.