Pundak pegal, pinggang sakit dan terasa kleyengan saat bangun

MZ Info Penanya: MZ
Pundak saya slalu pegel pinggang saya sakit trus kalo duduk pengen bangun kleyengan dulu brpa detik, kira2 saya kena penyakit apa dok dan bagaimana cara mengatasinya.makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MZ,

Keluhan yang Anda alami bisa ditimbulkan beberapa penyebab secara bersamaan dimana masing-masing menimbulkan gejala yang beragam tetapi bisa juga memiliki faktor pemicu yang hampir sama.

Beberapa faktor penyebab sendiri diantaranya adalah otot yang tegang, kekurangan cairan, postur tubuh yang kurang baik saat beraktivitas, menderita darah rendah, anemia, gangguan pada tulang belakang, kebiasaan melewatkan waktu makan dan penyakit pencetus lainnya.

Untuk itu perlu dilakukan perubahan baik pada kebiasaan harian dan juga penanganan lanjutan jika memang diperlukan. Upayakan makan teratur dengan porsi kecil tetapi sering, minum banyak air putih, hindari gerakan tiba-tiba seperti dari duduk, tiduran atau jongkok ke berdiri, perbanyak makan sayur dan buah, periksakan kondisi kesehatan secara berkala, lakukan relakasasi dan massage ringan bila pundak, leher belakang dan pinggang terasa pegal dan sakit, kompres menggunakan air hangat atau dingin dan juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan.

Jika tidak ada perubahan periksakan kondisi Anda pada dokter sehingga bisa tahu apa penyebab pastinya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit punggung sebelah kiri yang terjadi berulang dan sangat parah pertanda gangguan di organ dalam

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri yang Perlu Anda Waspadai

Ketika Anda merasakan sakit punggung pada bagian kiri, bisa menjadi salah satu pertanda ada gangguan di organ dalam. Penyebabnya pun bisa berbeda-beda. 7 penyebab sakit punggung sebelah kiri.