09 Dec 2019, 11:08Perut

Puasa yang aman untuk penderita gangguan lambung

L
Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dokter, saya penderita sakit maag bahkan pernah sampai sulit tidur akibat maagnya kambuh. Sebagai umat islam, saya rindu sekali melakukan kewajiban agama yang salah satu disunnahkan adalah puasa Senin Kamis. Saya mau menanyakan apakah benar berpuasa dapat menyembuhkan sakit maag saya? Apakah ada tips untuk saya bisa tetap berpuasa tanpa memperparah kondisi lambung saya? terima kasih.
27580 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Antara gangguan lambung dan puasa seringkali menimbulkan dilema, karena bila puasa akan dibayang-bayangi dengan gangguan lambung yang akan semakin parah, dan pemikiran tersebut ada benarnya. Namun Anda dapat menyiasati hal tersebut agar ketika puasa keadaan lambung Anda tidak terganggu dengan cara :
  • Ketika sahur dan berbuka puasa hindari makanan pedas, asam, berlemak (termasuk santan), kanji, ketan.
  • Hindari minuman bersoda ketika berbuka puasa.
  • Hindari langsung tidur setelah makan, boleh tidur bila sudah lewat 3 jam setelah makan. Jadi sebaiknya ketika selesai sahur, jangan kembali tidur.
  • Ketika sahur atau berbuka puasa hindari makan terlalu kenyang.
  • Kurangi stres.
  • Ketika tidur malam, posisikan badan miring ke kiri.
  • Bila keadaan lambung Anda cukup parah, Anda dapat mengonsumsi obat lambung yang cukup diminum sekali setiap sahur seperti golongan PPI yang memiliki durasi kerja 24 jam. Sehingga obat dapat bekerja tanpa mempengaruhi puasa Anda.
Bila lambung Anda masih terasa nyeri, Anda bisa konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemberian kombinasi obat-obatan lambung.Salam sehat,dr. Vina
asam lambungtips puasagastritis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil