29 Sep 2021, 20:11Penyakit Lainnya

Puasa sebelum tes hati, ginjal, gula puasa, apa boleh minum?

MT
Info Penanya: MT0
Dok, saya beberapa waktu lalu pergi ke dokter umum karena sakit maag, namun untuk lebih memastikan dokter menyuruh saya untuk tes kolesterol, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah puasa, dll. Dan dari beberapa tes itu saya disuruh puasa, nah apakah puasa yang dimaksud itu puasa makan saja atau makan dan minum? Karena jujur, diluar bulan ramadhan saya seperti gampang minum, pasti setiap 30 menit merasa haus. Mohon konsulnya dok.
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, fungsi hati, dan fungsi ginjal memang harus dilakukan dengan didahului puasa. Pemeriksaan ini idealnya dilakukan setelah puasa 8-10 jam agar diketahui fungsi tubuh saat tidak dipengaruhi oleh adanya asupan dari luar. Karena harus melakukan puasa sesuai waktu yang ditentukan, harus diatur agar waktunya tidak kurang dan tidak lebih dari yang seharusnya.

Mengatur waktu puasa sebelum pemeriksaan darah

Penting untuk menentukan terlebih dahulu waktu pemeriksaan, misalnya ambil darah akan dilakukan pada pukul 8 pagi, maka 10jam sebelumnya adalah jam 10 malam. Artinya pada jam tersebut Anda harus makan atau minum untuk terakhir kalinya dan boleh makan dan minum kembali setelah melalui proses ambil darah. Jika puasa dilakukan terlalu lama atau kurang, maka hasil akan muncul tidak sesuai pemeriksaan ideal, misalnya Anda puasa lebih dari 10jam, maka sudah terjadi pemecahan lemak dalam tubuh yang akan menyebabkan peningkatan kadar gula.Jika Anda merasa sering dehidrasi, Anda boleh banyak minum sebelum waktu puasa dan kembali perbanyak minum setelah ambil darah untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Puasa sebelum pemeriksaan lab, umumnya dilakukan saat tidur sehingga tidak menyebabkan dehidrasi berlebihan. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tetunya kondis dan aktivtas, mudah haud sebenarnya juga merupakan tanda diabetes sehingga jika nanti didapati nilai gula darah tinggi, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tips puasakolesterolgula darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil