05 Sep 2021, 15:49Kulit & Kelamin

psoriasis pada bayi

E
Info Penanya: E0
Dokter, tiba-tiba anak saya muncul bercak merah bersisik. Apakah ini salahs atu gejala psoriasis pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya?
78 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Psoriasis adalah penyakit radangan kulit yang dapat terjadi karena kelainan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh seseorang cenderung untuk menyerang dirinya sendiri (sel yang sehat). Penyebab psoriasis pada bayi, bisa juga diturunkan dari orangtua yang memiliki riwayat alergi atau autoimun (genetik). Gejalanya adalah kulit menjadi bersisik mengelupas dan berwarna kemerahan.Ruam psoriasis sangat mungkin disertai rasa gatal ataupun nyeri, dan paling sering terjadi pada area kepala, siku, punggung, dan lutut. Penyakit kulit ini tidak menular, dapat berlangsung seumur hidup (kronis) dan dapat hilang timbul pada waktu yang tidak menentu. Karena belum ada obat yang bener-benar menyembuhkan keluhan ini, sebaiknya hindarilah pemicu yang mungkin menyebabkan kekambuhannya dan lakukan perawatan untuk mengurangi keluhan kulitnya.

Pemicu kekambuhan psoriasis

  • Stres
  • Cuaca terlalu dingin
  • Infeksi dalam tubuh

Untuk mengatasi gejala psoriasis

  • Oleskan krim pelembab kulit seperti petroleum gel.
  • Oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada bagian yang mengelupas.
  • Hindari menarik kulit yang mengelupas
Ada beberapa ruam lain yang mirip dengan psoriasis, misalnya dermatitis seboroik, pitiriasis rosea, maupun infeksi jamur. Untuk memastikan diagnosa anak Anda, lakukan pemeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Jika benar psoriasis, selalu jaga kondisi kulit tetap lembab atau lakukan terapi sinar ultraviolet (fototerapi) untuk mengurangi kekambuhan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
perawatan kulitautoimunpsoriasis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil