Bagaimana cara berpikir positif?

RT Info Penanya: RT, Pria, 17 Tahun
dok, bagaimana cara menyembuhkan gangguan pikiran yg paling dalam, tapi kita gak tau dimana kita mau mencurahkannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RT,

Setiap orang pasti memiliki masalah sendiri-sendiri, dan tergantung bagaimana cara orang tersebut beradaptasi dengan masalah yang dihadapinya, ada yang berusaha menyelesaikannya, ada yang berusaha menghindar atau melupakan, ada yang terpuruk dalam masalahnya dan berusaha mengambil jalan pintas dengan mengakhiri hidupnya.

Bila Anda sedang mengalami masalah berat, maka cobalah berbagi cerita dengan orang lain yang Anda percayai, mulai dari keluarga sendiri, atau teman yang Anda percayai agar perasaan lebih lega daripada harus dipendam seorang diri. Bila Anda tidak memiliki orang yang dipercayai, Anda dapat berbagi cerita dengan psikolog atau psikiater. Psikolog akan mengarahkan pola pikir Anda ke arah yang positif, sehingga pikiran Anda tidak melayang-layang tidak jelas. P

Selain itu yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi stres atau beban yang Anda hadapi, Anda harus mencari kegiatan atau kesibukan baru yang menyenangkan, olahraga secara rutin untuk relaksasi tubuh, makan dan tidur secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Cari komunitas yang memiliki persamaan dengan Anda, sehingga bisa saling berbagi cerita dan sama sama berusaha memecahkannya.

Anda harus berpikir positif dan berusaha memecahkan masalah yang Anda hadapi, jangan mudah patah semangat karena setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Musik hip hop yang membesarkan nama Rich Brian, ternyata berpotensi untuk pemulihan gangguan mental

Studi: Musik Hip Hop Ternyata Berpotensi Memulihkan Gangguan Mental

Bintang hip hop dan rapper Brian Imanuel Soeworno, yang populer dengan nama Rich Brian, baru-baru ini memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Riset terbaru membuktikan bahwa musik hip hop dapat menjadi terapi gangguan mental.