Psikologi umur 15 tahun

Y Info Penanya: Y
Halo dok, boleh saya ingin bertanya? Beberapa bulan terakhir, dari November sampai sekarang, saya sering gak bisa tidur, pengen nangis tiap hari, kepala sering terasa pusing, mudah capek, sering kaget dan bengong. Saya sekarang kalau di tempat keramaian juga jadi takut berbicara, sebenarnya dulu saya terbilang cerewet. Saya juga beberapa kali ngelukain diri sendiri, tapi merasa sedikit lega. Saya bingung apa ada gangguan di diri saya tidak. Saya juga takut bilang ke orang tua. Trima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore Y,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menangis itu wajar, namun jika ingin menangis setiap hari. Bisa jadi Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu. Beberapa kondisi yang membuat seseorang menangis tiba-tiba :

  1. Stress
    Masalah sekolah, pekerjaan ataupun hubungan dengan seseorang dapat membuat Anda menjadi stress.
  2. Depresi 
    Rasa stress yang terus menerus menimpa akan bisa berubah menjadi depresi. Jika ini sudah terjadi bisa disertai dengan gejala, selalu sedih, kesulitan untuk tidur, mudah lelah, nafsu makan juga menjadi berkurang.
  3. Gangguan Kecemasan
    Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan bisa menyebabkan seseorang menangis tiba-tiba
  4. Gejala PMS (Pramenstruasi)
    Kondisi ini membuat wanita menjadi mudah tersinggung, suasana hati berubah-ubah, kelelahan, sulit konsentrasi, dan lebih mudah menangis

Takut di tempat ramai atau biasa disebut dengan Agoraphobia adalah suatu jenis kecemasan yang membuat seseorang memiliki kencederungan menghindari tempat yang membuat takut, malu, panik. Penderitanya sering mengalami gejala seperti panik dan cemas.

Menyakiti dan melukai diri sendiri atau Self Injury yang di lakukan secara sengaja merupakan salah satu gangguan perilaku terkait kejiwaan. Jika ada dorongan dari diri Anda untuk melakukan hal tersebut sebaiknya Anda berkonsultasi ke psikiater atau psikolog dengan di  temani orang tua Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres sebagai pemicu gangguan kepribadian

10 Jenis Gangguan Kepribadian yang Perlu Diketahui Secara Umum

Gangguan kepribadian adalah kondisi kesehatan mental yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir atau bertindak. Inilah macam-macam gangguan kepribadian yang perlu Anda ketahui seperti paranoid, skizoid, skizotipal, antisosial, ambang, histrionik, narsis, menghindar, obsesif kompulsif, dan dependen.