04 Oct 2021, 10:08Psikologi

cemas, sedih dan sulit konsentrasi, bagaimana mengatasinya?

N
Info Penanya: N, Wanita, 23 Tahun
dok,saya sering mengalami rasa cemas,sedih,dan sulit berkonsentrasi,kira-kira untuk mengatasi nya apa yang harus saya lakukan?
63 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Adanya rasa cemas, sedih terus menerus, hingga sulit konsentrasi, adalah tanda seseorang mengalami depresi. Depresi umumnya timbul sebagai kelanjutan dari stres yang tidak ditangani dengan baik dan sudah terjadi hingga lebih dari 2minggu. Gejala ini seharusnya tidak terjadi jika stres ditangani segera dan tidak dibiarkan semakin berlarut-larut.

Mengatasi depresi

Berbagai gejala depresi adalah menarik diri, tidak percaya diri atau cenderung murung, sering menangis, atau bisa juga merasa tidak berguna. Orang dengan depresi juga sering mengalami sulit tidur dan memiliki kecenderungan untuk berpikir ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Penyebab depresi, jika berasal dari trauma atau masalah yang tidak dapat dihadapi sendiri, sebaiknya mintalah pertolongan ke ahlinya seperti psikolog atau psikiater.Mengatasi masalah yang menjadi penyebab depresi tersebut, mungkin memang tidak mudah dan butuh proses yang tidak sebentar. Yang bisa Anda lakukan adalah berupaya untuk menenangkan diri, mencoba membuka diri dan bercerita tentang masalah yang sedang dihadapi ke orang terdekat, melakukan hal yang positif misalnya olahraga, serta hindari pikiran-pikiran negatif.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
mengatasi depresidepresipenyebab depresi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil