Pseudoseizure itu apa epilepsi?

A Info Penanya: A
Beberapa th yg lalu saya ada masalah dg saudara saya, sehingga membuat saya jadi stress berat, yg mana lama kelamaan membuat saya jadi sering melamun, bahkan kehilangan kesadaran, mengulang2 tindakn, bahkan kejang dan meracau tak karuan saat tidur, sampai saat inipun masih ada gejala tsb muncul diperparah ketika ada maslah.. Apa hal iti termasuk pseudoseizure y dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Pseudoseizure adalah kondisi di mana seseorang mengalami kejang-kejang seperti penderita epilepsi namun tidak menginap penyakit epilepsi. Penyebab pseudoseizure ini adalah kondisi emosi yang tidak stabil sehingga sering muncul pada orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

Saat kejang maka tubuh akan tampak kaku, pandangan kosong, hilang kesadaran, sakit kepala, dll namun pada pemeriksaan EEG tidak ditemukan adanya penyakit epilepsi.

Beberapa pencetus pseudoseizure adalah:

  • Gangguan mental.
  • Perilaku obsessive compulsive disorder (OCD).
  • Post-traumatic stress disorder.
  • Adanya riwayat cedera pada kepala.
  • Adanya kekerasan seksual atau riwayat kekerasan fisik di masa lalu.
  • Depresi. Biasanya akan disertai gangguan pola makan dan gangguan pola tidur serta ada kecenderungan untuk bunuh diri.
  • Ketergantungan obat.

Yang dapat Anda lakukan bila Anda tidak memiliki penyakit epilepsi namun sering kejang-kejang, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan psikiater untuk menangani masalah Anda. Dokter akan melakukan konseling untuk mencari tau penyebabnya dan meresepkan obat-obatan untuk membantu mengendalikan emosi Anda.

Selain itu Anda juga perlu membuka diri dan berbagi cerita dengan orang lain perihal masalah yang sedang Anda hadapi. Lakukan kegiatan atau hal-hal baru untuk menyibukkan keseharian Anda agar pikiran Anda tidak melayang dan tidak sering melamun. Semakin cepat diobati maka akan sebaik baik hasilnya. Segera lakukan konsultasi dengan psikiater terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mental breakdown bisa menyebabkan seseorang terisolasi dari kehidupannya

Ini Ciri Mental Breakdown, Stres Paling Berat yang Bisa Dialami Seseorang

Mental breakdown adalah kondisi stres berat yang membuat seseorang kesulitan menjalankan aktivitas seperti biasa. Orang yang mengalami kondisi ini akan sulit bekerja serta mengubah pola makan maupun pola tidurnya secara drastis.