Benjolan di alat kelamin wanita, apa penyebabnya?

Y Info Penanya: Y
Setelah sy melahirkan anak ke 2 sy yg skarang berumur 5 thn knp tiba2 disaluran kencing sy muncul benjolan daging yg hampir penuh menutupi saluran kencing sy dan benjolan tsb makin hari makin besar tetapi tdk sakit hanya terasa gatal dan mnimbulkan keputihan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y.

Anatomi alat kelamin wanita bagian luar terdiri dari beberapa bagian, mulai dari bibir luar (labia mayora), bibir dalam (labia minora), dan klitoris. Selain itu, wanita memiliki dua lubang pada alat kelamin, yaitu lubang untuk berkemih yang terletak lebih atas, dan lubang reproduksi yang terletak lebih bawah. 

Benjolan pada alat kelamin wanita bagian luar bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Herpes genital, yang diawali dengan bentol, lalu bisa berkembang menjadi borok atau koreng
  • Kutil kelamin, yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus. Biasanya kutil kelamin berkelompok dan berbentuk seperti kembang kol.
  • Molluscum contagiosum, yaitu benjolan berukuran kecil dengan konsistensi padat. Biasanya, warnanya sama seperti daging.
  • Pembesaran klitoris, yaitu organ seksual wanita yang paling sensitif
  • Kista bartholin, yaitu benjolan yang terletak pada bibir luar. Biasanya benjolan terasa nyeri, terutama jika bergesekan dengan celana dalam.

Untuk mengetahui penanganan yang tepat terhadap benjolan Anda, harus diketahui lebih dahulu apa penyebabnya. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan menanyakan riwayat benjolan Anda, seperti muncul sejak kapan, hal apa yang memperberat gatal, dan lain-lain. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Sebaiknya, hindari menggaruk bagian yang gatal karena berpotensi terjadinya infeksi lanjutan. Jaga kebersihan area kelamin, jangan terlalu lembab, dan rajin mengganti pembalut saat menstruasi ya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gender dysphoria bukanlah gangguan mental, melainkan kondisi medis yang diakui dunia kesehatan.

Kenali Gender Dysphoria, Kondisi Medis yang Masih Jarang Didengar

Tidak semua transgender merasakan gender dysphoria. Namun beberapa dari mereka ada yang pernah mengalami fase tekanan batin saat sulit menerima perbedaan identitas gender. Kondisi ini disebut sebagai gender dysphoria.