Protein positif pada urine

Z Info Penanya: Z
Ef (25 thn)Hai selamat sore...Dok cara mengatasi positif protein pada urine bagaimana?Dan makanan apa aja yng boleh dikonsumsi?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Z/EF

Protein dalam urine normalnya adalah tidak terdeteksi. Jika pada pemeriksaan urine didapatkan protein atau disebut proteinuria maka hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab seperti menderita penyakit diabetes, mengalami gangguan ginjal, adanya infeksi pada tubuh, gangguan jantung, penyakit autoimun seperti lupus, gangguan darah, efek obat tertentu dan pada ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kemih, keracunan makanan, ataupun kondisi komplikasi pada ibu hamil yang memiliki gejala tekanan darah tinggi atau disebut dengan preeklampsia.

Untuk itu, agar bisa mengatasi protein dalam urine perlu dipastikan kondisi dan penyebabnya karena akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika saat ini sedang hamil maka perlu dilakukan penanganan karena jika dibiarkan bisa menimbulkan komplikasi seperti eklampsia yang ditandai dengan kejang yang bisa menimbulkan gawat janin dan juga mengancam keselamatan janin dan ibu hamil tersebut.

Pantangan yang perlu diperhatikan sendiri adalah mengurangi asupan garam harian dan juga jika ada masalah ginjal perlu diperhatikan mengenai asupan cairan, untuk itu ada baiknya berkonsultasi lebih lanjut pada dokter spesialis penyakit dalam atau pada dokter kandungan jika sedang hamil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi orang yang sedang diet, kuning telur dianggap sebagai musuh besar

Jalani Diet, Kuning Telur Harus Dipinggirkan?

Kontroversi mengenai putih dan kuning telur tentunya dapat menimbulkan tanda tanya mengenai apakah saat diet, kuning telur bisa dikonsumsi? Pada dasarnya kuning telur bernutrisi tinggi dan berpotensi membantu proses penurunan berat badan.