24 May 2020, 22:22Penyakit Lainnya

Kapan harus ganti kateter?

PY
Info Penanya: PY, Pria, 1 Tahun
selamat malam dok,saya mau bertanya,bapak saya usia 64 tahun,tidak bisa kencing dan dipasang kateter.hasil usg menunjukan pembesaran prostat dan dokter mengharuskan untuk operasi,karena mau lebaran keluarga memutuskan menunda operasi.kira2 selang kater harus diganti maksimal berapa hari?
26978 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang PY,Pembesaran prostat adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh laku-laki usia lanjut. Adanya pembesaran prostat ini akan menyebabkan gangguan ketika kencing.

Gejala BPH (Benign Prostatic Hyperplasia).

Beberapa gejala pembesaran prostat (BPH) adalah:
  • Kencing tidak bisa tuntas, di akhir kencing urin akan menetes.
  • Harus mengejan ketika kencing.
  • Susah untuk kencing.
  • Frekuensi kencing meningkat.
  • Pancaran urin menjadi lemah.
Untuk mengatasi BPH sendiri memang hanya dengan cara operasi atau memakai kateter. Namun pemakaian kateter jangka panjang sering menimbulkan keluhan infeksi saluran kemih.Bila saat ini ayah Anda menggunakan kateter maka perlu dilakukan penggantian kateter setiap 10 hari sekali, maksimal dalam waktu 2 minggu kateter harus diganti untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih.Tanda-tanda infeksi saluran kemih adalah adanya bercak darah pada urin, ujung penis menjadi kemerahan, urin berwarna keruh seperti ada endapan putih-putih.Lakukan penggantian kateter secara berkala ke klinik terdekat dan pastikan untuk minum air putih yang banyak sekitar 2 liter per hari bila ayah Anda tidak ada gangguan ginjal atau jantung.Salam sehat,dr. Vina  
operasiinfeksi saluran kencingprostat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil