03 May 2021, 23:11Infeksi

Penyembuhan luka, bagaimana prosesnya?

DS
Info Penanya: DS0
Dok, sya kan punya penyakit borok yaa tapi untuk saat ini sudah sembuh dan sudah kering tapi kalau di garuk suka mengeluarkan darah dan mengeluarkan cairan bening gitu dok itu kenapa yaa?,kira² proses penyembuhan luka nya berapa lama lagi dok?
31 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, DTerima kasih atas pertanyaan AndaLuka adalah hilangnya kontinuitas kulit dan jaringan sekitarnya sehingga terjadi perdarahan. Bentuk dari luka ini bermacam-macam bisa berupa luka gores, luka reobek luka tusuk dan lain sebagainya. Proses penyembuhan luka ini terdiri dari beberapa tahap. Sedangkan untuk lamanya penyembuhan luka ini tergantung dari beberapa faktor. 

Berikut ini adalah beberapa tahapan proses penyembuhan luka:

  • Proses hemostasis atau pembekuan darah untuk membantu menghentikan perdarahan
  • Proses peradangan
  • Proses pembentukan jaringan baru
  • Proses penguatan jaringan 
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, keluar cairan bening salah satunya bisa disebabkan karena proses hemostasis yaitu proses pembekuan darah yang bertujuan untuk menghentikan perdarahan. Terkait berapa lama sembuhnya luka tergantung dari kondisi luka, dan kesehatan tubuh. Untuk itu lakukanlah pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda.Tindakan yang saat ini bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan luka, tetap konsumsi makanan sehat bergizi, hindari kelelahan, minum air cukup, jaga kebersihan tubuh dan konsumsi obat pereda nyeri bila mana diperlukan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
penyembuhan lukaluka traumatisbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil