19 Dec 2020, 15:50Kandungan

Bagaimana mengetahui masa subur saya?

PH
Info Penanya: PH0
Assalamualaikum dok, sya mau tanya, sya ini lepas kb 1 bulan sekali bulan juli 2020, saya berencana memiliki momongan lagi. Semenjak sy beralih ke kb suntik 1 bulan sekali sy punya riwayat haid yg acak2an, awalnya pakainya sih periode haid normal tpi berselang stahun mulai acak2an, haidnya semakin lama dan tdk menentu. Msalnya... Sy haid selama 3 hari, tapi hari ke 4-6 sy berhenti haid, lalu di hari 7-seterusnya sampe 14 hari saya haid, itu pun kadang g kluar lagi. Bgm cra mngthui msa subur sy?
313 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, PHTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB memilik jenis 1 bulanan dan 3 bulanan.  Pada suntik KB 1 bulanan memiliki kandungan kombinasi hormon sintetik estrogen dan progestin yang berfungsi mencegah kehamilan.  Terkait keluhan anda, suntik KB memang memiliki efek samping yang paling sering terjadi yaitu gangguan siklus haid sehingga dapat menyebabkan siklus haid seseorang menjadi tidak teratur.  Setelah lepas suntik, KB masih dapat memiliki efeknya kurang lebih hingga 3 bulan kedepan sebelum kembali ke siklus haid sebelum KB.Menentukkan masa subur sangat bergantung dengan siklus haid dan hormonal.  Pada siklus teratur 28 hari masa subur berada di rentang 10-17 hari dari haid sebelumnya dengan perkiraan ovulasi berada pada 14 hari dari haid sebelumnya.  Namun jika siklus haid tidak teratur maka perlu dilakukan perhitungan menggunakan siklus haid selama 6 bulan terakhir.  DIperlukan siklus terpanjang dan terpendeknya.  Lakukan hubungan setelah haid sebagai upaya tidak melewatkan masa subur.

Selain perhitungan, masa subur dapat diketahui dengan tanda-tanda berikut :

  • Suhu basal yang meningkat.
  • Adanya lendir serviks, yaitu keputihan yang bening, serta kenyal.
  • Terkadang menimbulkan flek di luar siklus haid.
Untuk meningkatkan kesuburan dapat dilakukan dengan konsumsi makanan dengan lemak sehat seperti ikan, alpukat, kacang-kacangan.  Asupan yang terjaga diiringi dengan istirahat cukup, menghindari stress, dan olahraga teratur akan meningkatkan kesuburan anda dan pasangan.Jika anda dan pasangan sudah mencoba promil alami selama setahun dan belum ada kehamilan, konsultasikan ke dokter kandungan guna penanganan lanjutan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanmeningkatkan kesuburanmasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil