02 Nov 2021, 05:26Kandungan

Terlambat haid dan keluar darah, kenapa?

NK
Info Penanya: NK0
Saya sudah telat haid hampir 2 minggu dan sudah mengalami gejala2 hamil tapi saya kok haid lagi kenapa ya dok?
72 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, NTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid bisa terjadi pada waniat karena beberapa penyabab, salah satunya karena kehamilan. Normalnya siklus haid wanita adalah 21 hari sampai dnagn 35 hari dengan rata-rata wanita bersiklus haid 28 hari. Perlu diketahui bahwa tanda pasti kehamilan adalah hasil test kehamilan (test pack positif), hasil USG kandungan dan juga hasil pemeriksaan oleh dokter. Sehingga, untuk tahu apakah ANda hamil atau tidak, silakan lakukan tes kehamilan.

Terlambat haid dan keluar darah

Keluar darah saat terlambat haid bisa terjadi karena beberapa penyebab, muali dari perdarahan implantasi pada awal kehamilan, perdarahan haid, masalah kesehatan organ reproduksi, tanda awal keguguran, gangguan hormonal, atau kondisi medis lain. Adapun perdarahan implantasi pada awal kehamilan ini berbeda dengan darah haid. Jika darah haid ini terjadi 3 - 7 hari, maka apda perdarahan implantasi hanya terjadi beberapa jam saja atau paling lama 3 hari. Selain itu, pada perdaahan implantasi hanya berupa flek atau bercak, sedangkan darah haid biasanya mulai dari flek, cair kekentalana hingga gumpalan.Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, untuk memastikan apakah keluar darah yang terjadi pada Anda ini merupakan perdarahan pada awal kehamilan, ataukah karena darah haid silakan lakukan tes kehamilan. Sebaiknya Anda juga melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.

Tindakan yang saat ini bisa Anda lakukan sementara saat terlambat haid dan keluar darah adalah:

  • Hindari melakukan aktifitas berat
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Minum air cukup
  • Jaga kebersihan area kewanitaan 
  • Lakukan istirahat cukup 
Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan keluhan terlambat haid dan keluar darah di bawah ini:Terlambat haid dan keluar darah, apakah hamil?Telat haid, keluar bercak merah terang, kenapa?
siklus haidhamilhaidflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil