07 Mar 2021, 00:31Kandungan

Terlambat menstruasi seminggu, apakah bisa dilakukan tes kehamilan?

AN*
Info Penanya: AN*0
Selamat malam dok,saya Astri usia 33tahun sudah seminggu telat menstruasi apakah ada peluang buat saya hamil..kapan baiknya buat testpack..saya setiap bulan selalu menstruasi,terakhir menstruasi tgl 1feb 2021..
274 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat menstruasi dengan riwayat melakukan hubungan seksual bisa terjadi karena kehamilan. Namun, untuk memastikannya perlu dilakukan tes kehamilan. Selain dilakukan tes kehamilan, tanda pasti kehamilan bisa diketahui dari hasil pemeriksan dokter dan hasil USG kehamilan.

Terlambat menstruasi, apa bisa melakukan test pack?

Alat tes kehamilan berupa test pack, mendeteksi kehamilan dengan memastikan adanya hormon HCG pada urin ibu hamil. Hormon HCG ini bisa ditemukan pada urin ibu hamil sekitar 10 hingga 14 hari setelah terjadi pembuahan sel telur oleh sperma. Sehingga terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika Anda mengalamii terlambat menstruasi selama 1 minggu, Anda sudah bisa melakukan test pack. Apabila hasil test pack samar-samar Anda bisa melakukan test pack ulang dengan jeda 1 minggu kemudian untuk lebih memastikannya. Jika hasil test pack yang kedua negatif, selain karena kehamilan siklus menstruasi yang terlambat juga bsia disebabkan karena beberapa faktor seperti stres, cemas, berat badan tidka ideal, penyakit pada organ reproduksi, ketidakseimbangan hormon tubuh, dan lain sebagainya. Usahakan Anda tetap konsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan area organ intim, lakukan beberapa tips promil dan konsultasi serta periksa ke dokter spesialis kandungan untuk tatalaksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhamiltes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil