Haid tidak teratur setelah lepas KB, bagaimana solusinya?

SP Info Penanya: SP, Wanita, 1 Tahun
Malam dok, saya sudah lepas kb hampir 2 thn tp kok blm hamil, 10 bln pertama saya tdk dapat haid, trs haid selama 40 hari tp hanya flek sekarang blm normal kdng 1 bln bisa 3kli bagaimana solusinya dok, agar cepat hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP.

Haid, atau seringkali disebut sebagai menstruasi maupun datang bulan, adalah proses alamiah yang dialami oleh seluruh wanita usia subur yang sehat. Terjadinya haid diatur oleh sistem hormon tubuh, dimana apabila ada kondisi yang memicu gangguan atau ketidakseimbangan salah satu hormon tubuh, maka siklus haid juga akan berubah.

Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah penggunaan kontrasepsi hormonal, seperti pil, suntik, atau implan. Kontrasepsi tersebut mengandung hormon sintetik, yang tentunya akan memengaruhi hormon alami tubuh. Sebagai efeknya, siklus haid juga menjadi tidak teratur, bisa memendek, memanjang, atau tidak haid sama sekali.

Apabila seorang wanita mengalami haid yang tidak teratur, maka akan lebih sulit untuk mendapat kehamilan, karena:

  • Produksi sel telur bisa saja terganggu
  • Kondisi rahim kurang ideal untuk sperma bertahan hidup
  • Tidak bisa memprediksi masa subur

Oleh karena itu, agar dapat hamil lebih mudah, yang harus dilakukan pertama kali adalah mengusahakan agar siklus haid kembali teratur. Caranya adalah dengan melakukan pola hidup sehat agar hormon kembali seimbang, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur, buah, serta makanan yang mengandung protein. Jangan lupa imbangi dengan minum air putih yang cukup.

Rutin berolahraga atau beraktivitas fisik 30 menit sehari juga dipercaya dapat membantu menjaga keseimbangan hormon. Selain itu, manajemen stres yang baik juga diperlukan, agar tingkat stres terkendali. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga bisa berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Puasa saat hamil muda, masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli kesehatan 

Hamil Muda Tapi Ingin Puasa? Ini Tips Aman Melakukannya

Puasa saat hamil muda, boleh atau tidak ya? Pertanyaan tersebut mungkin muncul di benak Anda ketika usia kehamilan trimester pertama dan ingin menjalani puasa Ramadan. Meski tidak diwajibkan berpuasa Ramadan, ibu hamil boleh saja menjalani puasa asalkan berkonsultasi dengan dokter kandungan dulu.