Program hamil bagaimana caranya?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 23 Tahun
Dok saya umur 24tahun , tgl 14 Desember baru nikah . Ingin program hamil . Biar ceept punya momongan . Sampe skg blm hamil .apa yg harus dilakuin dok . Kmrn terakhir haid dr tgl 15-20
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Program hamil adalah salah satu hal yang dinanti-nanti untuk mendapat momongan, namun perlu usaha seperti berhubungan seksual di masa subur untuk meningkatkan angka keberhasilan terjadinya pembuahan.

Selain faktor berhubungan seksual di masa subur, ada faktor lainnya yang menentukan terjadinya kehamilan seperti :

  1. Berat badan ideal, usahakan berat badan Anda dan pasangan seideal mungkin.
  2. Asupan nutrisi yang baik. Anda dan pasangan perlu mengonsumsi sayur, buah, omega 3, asam folat, ikan, kerang, termasuk kacang-kacangan (taoge, kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, dll) untuk meningkatkan kesuburan organ reproduksi Anda dan pasangan.
  3. Hindari merokok dan konsumsi alkohol.
  4. Harus cukup istirahat dan jangan stres.
  5. Olahraga rutin.
  6. Siklus haid yang teratur. Bila siklus haid tidak teratur maka akan sulit menentukan masa suburnya kapan, selain itu adanya PCOS, endometriosis akan mengganggu kesuburan Anda.

Masa subur ditentukan oleh berapa siklus haid Anda, rata-rata seorang wanita memiliki siklus haid setiap 28 hari sekali. Sehingga bila Anda dianggap memiliki siklus haid 28 hari dan HPHT di tanggal 15 Maret, maka masa ovulasi Anda 2 minggu dihitung dari tanggal 15 Maret (jadi sekitar 29 Maret). Maka masa subur Anda ada disekitar tanggal 27 Maret sampai 31 Maret, dan itu rentang waktu yang tepat untuk berhubungan seksual.

Lakukan tips-tips diatas secara teratur, bila dalam 1 tahun Anda belum hamil maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan suami periksa ke dokter andrologi untuk cek kualitas sperma.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AP
24 Mar 2020, 11:55
Terima kasih banyak atas jawabannya dok sangat membantu , apakah berat badan saya juga mempengaruhi dok soalnya saya 38kg berat badannya tinggi 155cm kalau ga salah . Tp dari dulu saya segitu terus susah naik ke 40 kg
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Mar 2020, 12:30
Selamat siang AP,
Tinggi badan Anda 155 cm dan Berat badan Anda 38 kg menurut BMI berat badan ideaal Anda di 53-55 kg. Saran saya naikkan berat badan Anda menjadi berat badan ideal dengan makan makanan bergizi cukupi kebutuhan sayur dan buah setiap hari.
Semoga bermanfaat,
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri ciri wanita klimaks dapat dilihat dari kontraksi otot

Biar Lebih Ahli, Ini 5 Ciri-Ciri Wanita Klimaks saat Berhubungan Seksual

Dapat memuaskan pasangan di ranjang adalah salah satu kepuasan pria saat berhubungan seks. Namun seringkali banyak pria yang masih belum mengetahui ciri-ciri wanita klimaks atau merasakan orgasme, tanda puas. Ciri-ciri wanita klimaks yang alami adalah mengalami kontraksi otot di berbagai tempat tubuhnya, napas yang memburu, hingga tubuh mengejang.