Apakah memelihara kucing bisa jadi mandul?

LM Info Penanya: LM
Dok apakah memelihara kucing dapat menyebabkan sulit memiliki keturunan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Banyak yang mengatakan bahwa kucing bisa menyebabkan kemandulan. Padahal faktanya, tidak menjadi masalah jika Anda ingin promil atau sedang hamil memelihara kucing, asal perlu di waspadai saat membersihkan kendang dan kotoran dari kucing tersebut. Ini disebabkan karena parasit toksoplasma yang terbawa oleh kucing.

Toksoplasma adaalah salah satu jenis parasit yang paling sering berada di dalam kotoran hewan sehingga menyebabkan timbulnya penyakit toksoplasmosis. Gejala yang dtimbulkan dari infeksi ini yaitu demam, batuk, sakit kepala, kelelahan, dll. Jika menyerang ibu hamil atau beberapa bulan sebelum hamil, parasit ini bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi hingga resiko keguguran dan ketidaksuburan pada wanita yang sedang ingin hamil.

Anda bisa terinfeksi tokso saat sedang membersihkan kotoran kucing dan tidak mencuci tangan sehingga bisa tertular lewat makanan yang Anda sentuh dengan tangan Anda. Untuk itu, agar Anda terhindar dari toksoplasma, Anda bisa melakukan pencegahan sebagai berikut:

  • Jauhkan kotak kotoran kucing dari Anda.
  • Menjauh dari kucing-kucing liar.
  • Hindari berkebun di tanah agar tidak menyentuh kotoran kucing.
  • Mencuci buah dan sayur-sayuran dengan bersih.
  • Tidak memakan daging mentah atau yang kurang matang.
  • Selalu mencuci tangan.
  • Jaga kebersihan kucing Anda.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yang Harus Anda Tahu Tentang Sakit Kepala Bagian Depan

Sakit Kepala Bagian Depan Bisa Saja Bukan Pusing Biasa

Sakit kepala bisa terjadi di bagian kepala manapun, termasuk bagian depan. Terdapat beberapa hal yang dapat memicu sakit kepala bagian depan. Mulai dari sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, hingga ketegangan pada mata.