14 Jan 2020, 17:37Kandungan

Tips agar program hamil sukses

R
Info Penanya: R0
permisi dok , maaf saya mau tanya saya bulan oktober menikah saya ingin program hamiltapi 2 bidan mengatakan bahwa saya harus diet menurunkan 10kg bobot saya , saya wanita usia 23 , bobot saya 80kgapakah benar berat badan mempengaruhi program kehamilan , terimakasih
34020 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, R.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Bagi setiap pasangan yang baru saja menikah, pasti menginginkan secepat mungkin memiliki momongan. Kehamilan merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang tentu saja di dalamnya harus ada usaha dari manusia. Jadi, tidak heran jika banyak pasangan suami istri yang baru menikah melakukan program hamil ke dokter kandungan agar dapat segera hamil. Melakukan program kehamilan memang memerlukan usaha, waktu, dan juga kesabaran.

Berikut tips sukses melakukan program hamil:

  • Tidak menggunakan KB atau alat kontrasepsi. Sebelum melakukan program hamil, sebaiknya tidak menggunakan KB dan alat kontrasepsi apapun yang mencegah kehamilan.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan. Ini wajib dilakukan oleh pasangan suami istri jika ingin melakukan program kehamilan. Melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter kandungan agar dapat diketahui apakah kondisi kesehatannya baik atau tidak.
  • Mengetahui masa subur. Ini juga penting mengetahui masa subur pasangannya (istri) karena saat berhubungan seksual lebih baik dilakukan saat masa subur sehingga kemungkinan untuk hamil sangatlah besar.
  • Melakukan hubungan seks lebih sering. Selain saat masa subur, alangkah baiknya jika melakukan hubungna seks sesering mungkin. Bagi wanita, setelah melakukan hubungan seks sebaiknya berbaring 10-15 menit agar sperma lebih cepat masuk ke dalam rahim menuju ovarium.
  • Melakukan olahraga. Rutin melakukan olahraga juga sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Dengan berolahraga, pikiran lebih rileks, aliran darah lancar, dan berat badan tetap ideal. Berat badan yang berlebih juga mempengaruhi kesuburan seseorang. Sehingga jika Anda ingin cepat hamil, alangkah baiknya untuk Anda menjaga berat badan agar ideal dengan berolahraga dan mengatur pola makan.
  • Menghindari stress. Stress dapat menjadi pemicu untuk sulit hamil karena stress menyebabkan kerusakan hormon dan membuat lendir serviks di vagina menjadi kurang. Jadi, jika program hamil ingin sukses, pikiran harus tetap tenang dan jangan stress.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat mengurangi kesuburan pada pria dan wanita.
  • Liburan bersama.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, salmon, sarden, kacang2an, dll.
Salam sehat,dr. Ester
makanan sehathamilbuah dan sayuran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil