30 Nov 2020, 22:31Kandungan

Kapan sebaiknya berhubungan saat program hamil?

IP
Info Penanya: IP0
Selamat malaem dok. Mau tanya kalau mau promil alangkah baiknya berhubungan saat masa subur dan ovulasi sajakah ? Jadwal haid H-1 tetap berhubungan apakah itu bisa menjadi kendala gagalnya pembuahan yg udah di lakukan pada masa ovulasi dok? Terimakasih.
201 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, IP.Program hamil adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh pasangan agar berhasil mendapatkan momongan. Salah satu cara agar program hamil berhasil adalah dengan melakukan hubungan intim setiap 2-3 hari, terutama pada masa subur. Menjawab pertanyaan Anda, apabila pembuahan sudah terjadi saat masa subur tersebut, maka berhubungan satu hari sebelum haid tidak akan menggagalkannya.Saat melakukan hubungan intim, dianjurkan untuk melakukan ejakulasi di dalam. Lalu, hindari penggunaan alat kontrasepsi apapun, baik hormonal seperti pil atau suntik maupun non-hormonal seperti kondom.Usahakan juga untuk melakukan hal-hal berikut agar hormon tubuh seimbang, dan kualitas sperma dan sel telur menjadi lebih baik:
  • mengonsumsi buah dan sayur-mayur yang bervariasi
  • mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat dan minyak zaitun
  • membatasi konsumsi minuman beralkohol
  • tidur cukup 7-9 jam per hari
  • melakukan olahraga teratur 3-4 kali per minggu
  • tidak merokok
  • kendalikan tingkat stres
Apabila sudah melakukan upaya-upaya di atas, namun tak kunjung mendapatkan momongan selama satu tahun menikah, konsultasikan masalah ini kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan guna mengetahui apa masalah yang menghambat terjadinya kehamilan, lalu akan memberikan solusi yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil