Program hamil bagaimana caranya?

DS Info Penanya: DS, Wanita, 25 Tahun
Malam dok, sya mau bertanya tentang program hamil yg pas dan tepat untuk kami lakukan dok, kami uda 6 bulan menikah tapi blum hamil juga dok, kapannya dok masa tepat sya hubungan intim dgn suami jika masa menstruasi sya tgl 5 bln Mei ini dok, kira kira tgl brapa yg tepat ya dok kami ML biar berpeluang besar hamil dok.. Bdw, vitamin dan makanan apa ya dok yg dianjurkan utk promil tsb dok utk sya dan suami, makasih dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DS,

Kehamilan tentu diharapkan oleh pasangan yang baru saja menikah, namun rutin berhubungan seksual saja tidak cukup untuk terjadinya kehamilan, banyak faktor yang perlu diperhatikan.

Siklus haid yang teratur sangat menunjang untuk terjadinya kehamilan, karena dipakai untuk memprediksi kapan masa subur di mana sel telur dilepaskan.

Berapa lama siklus haid Anda? Bila memakai siklus haid rata-rata 28 hari sekali, maka bila HPHT Anda 5 Mei 2020, maka perkiraan masa subur Anda ada di rentang tanggal 17-21 Mei 2020. Sehingga Anda perlu berhubungan seksual di waktu-waktu tersebut.

Sedangkan untuk meningkatkan kesuburan, Anda dan pasangan perlu melakukan tips berikut ini:

  • Perbanyak asupan kacang-kacangan seperti taoge, susu kedelai, kacang merah, kacang hijau, dll.
  • Minum asam folat dan omega 3 secara teratur.
  • Makan daging merah tanpa lemak dan ikan.
  • Perbanyak makan sayur hijau dan buah.
  • Usahakan berat badan ideal.
  • Olahraga secara teratur.
  • Hindari paparan asap rokok.
  • Jangan stres dan cukup tidur.

Bila dalam 1 tahun belum hamil juga, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk Anda, dan suami periksa ke dokter andrologi untuk cek kualitas sperma.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia atau keracunan kehamilan ditandai dengan peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba

Preeklampsia, Komplikasi Serius yang Terjadi pada Proses Kehamilan

Preeklampsia atau keracunan kehamilan adalah masalah serius pada kehamilan. Penyebab risiko keracunan kehamilan yaitu usia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan riwayat gangguan ginjal. Gejala preeklampsia adalah pembengkakan abnormal di tangan dan wajah.