Kapan bisa hamil lagi setelah operasi caesar?

AK Info Penanya: AK
Dok saya baru operasi sesar 3 bukan lalu,apakah saya sudah bisa program untuk hamil lagi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Operasi caesar adalah salah satu tindakan dari prosedur melahirkan yang sudah banyak dilakukan oleh para dokter kandungan kepada para ibu hamil. Operasi caesar membutuhkan pemulihan yang cukup lama dibanding persalinan normal. Menurut para ahli, seorang ibu yang baru saja melakukan operasi caesar sebaiknya menunda keinginan untuk hamil kembali sekitar 18-24 bulan setelah melahirkan caesar. 

Jadi, jika kondisi Anda yang saat ini baru operasi caesar 3 bulan yang lalu, sebaiknya jangan melakukan program hamil dulu dalam jangka waktu yang sudah dijelaskan diatas tadi. Pertimbangannya adalah untuk menghindari risiko komplikasi seperti keguguran dan melahirkan berat badan bayi yang rendah. Alasan ini diperkuat dengan banyaknya wanita yang melahirkan secara caesar beresiko mengalami perdarahan lebih banyak dibanding dengan persalinan normal. Selain itu, luka bekas jahitan operasi caesar juga membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama. 

Ada beberapa risiko yang terjadi jika Anda hamil lagi setelah caesar dalam waktu yang singkat, yaitu:

Untuk itu, alangkah baiknya Anda menunda kehamilan kembali tunggu hingga 18 bulan, gunakan kontrasepsi agar Anda tidak hamil sementar ini, dan lakukan konsultasi ke dokter kandungan Anda mengenai hal ini agar Anda memperoleh penjelasan secara langsung

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bekas jahitan caesar akan memudar seiring berjalannya waktu

Kenali Tanda-Tanda Bekas Jahitan Caesar Bermasalah dan Cara Merawatnya

Bekas jahitan caesar dapat bermasalah apabila terkena bakteri penyebab infeksi. Gejalanya biasa diiringi dengan demam hingga nyeri pada area perut.