01 Oct 2021, 15:45Kandungan

Merencanakan hamil kembali setelah berhenti suntik KB 1 bulan

SU
Info Penanya: SU0
Hallo dok Saya mau bertanya usia saya 22 tahun saya pernah ikut kb 1 bulan sekali sudah dapat 4 kali suntikan,, jadwal terakhir saya harusnya tgl 19 september 2021 tapi saya tidak suntik. Berapa lama y dok sekiranya saya bisa hamil dengan riwayat 4 kali mendapat suntik kb 1 bulan sekali
192 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, S.Suntik KB baik yang 3 bulan maupun 1 bulan sekali dapat efektif mencegah pembuahan jika digunakan dengan benar dan suntik ulang di waktu yang tepat. Suntik KB mengandung hormon dengan berkerja menghambat atau mencegah ovulasi, mengentalkan cairan serviks, menyebabkan rahim menjadi lebih tipis sehingga telur yang telah dibuahi tidak dapat menempel.

Setelah berhenti suntik KB 1 bulan, kapan saya bisa hamil kembali ?

Anda yang berusia 22 tahun, pernah menggunakan alat kontrasepsi suntik KB 1 bulan sekali dan sudah 4 kali suntik. Anda seharusnya suntik KB kembali tanggal 19 September 2021 tapi Anda tidak suntik.Anda bisa langsung hamil jika memang melakukan hubungan intim ketika masa ovulasi sedang berlangsung. Namun salah satu efek suntik KB walau sudah berhenti dan tidak kembali suntik adalah siklus haid menjadi kacau, masa subur sulit diprediksi dan kesuburan terganggu.Jadi untuk memperbesar peluang kehamilan, Anda harus mengubah hidup menjadi lebih sehat, makan yang bergizi, pertahankan berat badan ideal, istirahat cukup, melakukan olahraga, menghindari junk food, tidak stress, agar siklus haid kembali teratur, masa subur dapat diprediksi dan program hamil segera berhasil.Untuk berapa lama kemungkinan Anda hamil tidak dapat diprediksi. Jika memang Anda dan suami sama-sama berkomitmen menjalani hidup sehat maka peluang hamil akan semakin besar dan semakin cepat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi asam folat serta vitamin E selama promil. Konsultasi ke dokter kandungan jika sudah lepas KB selama 1 tahun, berhubungan teratur dan hidup sehat, Anda belum diberi keturunan kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilantes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil