08 Nov 2020, 00:14Kulit & Kelamin

Bagaimana merawat kulit usia remaja?

AS
Info Penanya: AS0
hallo dok selamat malam,umur saya 14 saya mau nanya tentang skincare yang bagus untuk remaja contohnya cucimuka gitu gmna dokter? dan apakah boleh saya menggunakan serum,esense ,dan krim siang dan malam
185 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ASTerima kasih atas pertanyaannya.Skincare atau perawatan kulit dapat dilakukan sedini mungkin.  Namun tentu perawatan kulit dilakukan sesuai umur.  Pada remaja yang baru akan beranjak dewasa ingin terlihat cantik seperti yang dilihat di media sosial atau lingkungan sekitar.  Hal ini normal untuk terjadi tapi tidak dilakukan berlebihan karena kulit remaja masih rentan untuk diberikan perawatan yang tidak sesuai dengan umur dan jenis kulit.

Langkah perawatan yang dilakukan pada usia remaja :

  • Jangan termakan ajakan orang atau promo diskon untuk membeli produk apabila belum pernah memakai. Coba dulu sebelum membeli untuk melihat cocok pada kulit atau tidak.  Karena jenis kulit berbeda-beda setiap orang.
  • Ketahui jenis kulit dan sesuaikan produk dengan jenis kulit. Kulit terdiri dari kulit normal, kulit kering, kulit berminyak serta kulit kombinasi.
  • Bersihkan selalu muka setelah bepergian dari luar untuk mencegah kotoran dan minyak menumpuk di wajah.
  • Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang muka untuk perawatan.
  • Gunakan tabir surya atau sunscreen untuk mencegah terpapar sinar matahari langsung. Sesuaikan produk sunscreen yang ditujukan untuk kulit remaja.
Kulit remaja termasuk kulit yang masih rentan terhadap kandungan tertentu sehingga tidak dapat sembarang menggunakan produk kecantikan.  Jika anda salah penggunaan bukannya akan terjaga kesehatan kulit malah akan menimbulkan masalah kulit lainnya.  Untuk itu, anda dan orangtua anda dapat berdiskusi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui jenis kulit anda dan rekomendasi perawatan apa yang sesuai dengan kulit remajaSemoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil