Produk perawatan wajah yang dijual bebas apakah aman ?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 24 Tahun
Halo dokter..Saya mau tnya?? Wajah saya berminyak,berjerawat dan bnyak bekas jerawat. Dan skrg ini saya pakai garnier yg ada kandungan UVA/UVB filters. Aman kah dok?? Dan kebetulan muka saya skrg kering terkelumpas.Gimana ya dok bagus nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Terima kasih telah bertanya di SehatQ.

 

Umumnya produk perawatan wajah yang dijual bebas memakai bahan - bahan yang aman dan telah lulus BPOM. Untuk memakai produk perawatan wajah yang dijual bebas disesuaikan dengan kondisi saat ini dan jenis kulit wajah Anda.

Jenis kulit manusia seiring bertambahnya usia akan berubah. Contohnya jika saat remaja memiliki jenis kulit yang kering maka saat usia 30 tahun bisa berubah menjadi berminyak, namun bisa juga menjadi berminyak/kering jika terdapat faktor pencetus seperti kesalahan pemakaian produk perawatan wajah, faktor lingkungan, stres, dan makanan. Kulit wajah manusia terbagi 5 jenis yaitu :

1. Kulit Kering

Pada kulit kering akan teraba kasar, kesat, bersisik, kering, kadang terlihat kulit yang mengelupas, bersisik, dan terasa gatal. Yang dapat memperparah kulit kering seperti mandi dengan air terlalu panas, obat - obatan, radiasi ultraviolet dari sinar matahari, dan udara yang kering deperti di ruangan ber AC. Oleskan pelembab secara teratur 2x sehari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

2. Kulit Berminyak

ditandai kulit yang tampak berkilau, terutama pada saat sedang dbawah cahaya, tampak pori - pori yang lebih besar dari jenis yang lain, umumnya sering berjerawat, dan komedo. Makanan ( makanan berminyak, berlemak, susu berlemak serta produk olahan susu seperti keju, dan kacang - kacangan ), debu, stres, dan beberapa obat - obatan dapat memperparah kondisi berminyak dan dapat memicu jerawat. Gunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit anda apabila sedang berminyak parah dan apabila sedang berjerawat, sering cuci muka dengan air hangat dan sabun cuci muka 3x sehari agar dapat mengurangi minyak berlebih. jika sedang berjerawat jangan mencungkil atau memecahkannya karena dapat memperparah jerawat dan menimbulkan bekas jerawat. Jika jerawat besar atau banyak segera ke dokter ahli kulit agar diberikan cream jerawat dan krim antibiotik.

3. Kulit Normal

Kulit yang normal tampak kenyal, lembab, umumnya merata, pori - pori hampir tidak terlihat jelas, jarang tampak komedo dan jerawat. Cuci muka dengan sabun muka khusus kulit normal cukup 2x sehari.

4. Kulit Kombinasi

Kulit yang ditandai dengan terdapat minyak berlebih di daerah T zone ( dahi, hidung, dan dagu ) dan kering di bagian lainnya. terdapat pori - pori yang besar dan kadang berkomedo. ini bisa disebabkan oleh perubahan cuaca dan faktor genetik.

5. Kulit Sensitif 

Tanda - tanda kulit sensitif seperti :

  • Mudah terjadi kemerahan di kulit
  • Perasaan terbakar pada kulit jika terpapar panas matahari dan udara yang panas
  • Kulit cenderung kering dan sering mengelupas
  • Kulit gatal

Pada kulit yang sensitif hindari produk menggunakan wangi-wangian yang menyengat, produk yang mengiritasi, serta yang mengandung alkohol. Pilih produk cuci muka, tabir surya, dan bedak yang tepat untuk kulit sensitif.

beberapa kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi sensitif seperti :

1. kulit yang sedang berjerawat

2. Penyakit Rosacea

3. Penyakit Dermatitis Kontak

 

Pada kasus yang Anda alami yaitu kulit kering dan mengelupas setelah pemakaian produk yang dijual bebas kemungkinan karena kulit Anda sedang berada dalam kondisi kulit yang sensitif karena sedang berjerawat. Untuk memilih produk perawatan wajah untuk kulit sensitif biasanya tertera di kemasan atau melihat kandungan bahan yang dipakai, pilih yang mengandung chamommile.

Semoga membantu.

 

 

 

Salam sehat,

dr. Clara.