Problem kesehatan akibat terlalu lama duduk

B Info Penanya: B
Bagiamana cara menghilangkan rasa pegal krn duduk terlalu lama?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam pak B,

Duduk terlalu lama sering ditemui terutama pada karyawan pabrik atau kantoran. Adapun masalah kesehatan yang dapat timbul ialah:

1. Gangguan otot

Posisi duduk yang tidak ergonomis dalam waktu lama mengakibatkan adanya otot tertentu yang lebih aktif dan pada akhirnya menimbulkan fatigue dan peradangan otot. Sering mengenai otot leher pada pekerja yang menggunakan komputer atau pekerja yang sering mengangkat telepon. Dan sering mengenai otot bahu atau lengan atas pada penjahit. Gejalanya kaku, pusing seperti dicengkram, nyeri tekan otot yang meradang.

2. Gangguan persarafan

Ketika duduk maka sesuai gaya gravitasi ada penekanan pada bagian saraf punggung bawah, saraf panggul atau gluteus, dan sekitarnya. Duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama bisa melukai saraf dan bisa menyebabkan Bapak merasakan kesemutan dan mati rasa, apalagi bila tempat duduk tidak empuk.

3. Sindrom metabolik

Sindrom metabolik meliputi gejala dan tanda sbb: perut buncit, peningkatan gula darah, dan peningkatan kolesterol. Teori yang mendasarinya ialah ketika duduk terlalu lama aktivitas enzim lipoprotein lipase menurun. Enzim tersebut berfungsi memecah lemak dan kolesterol. Kedua, duduk dan kurang gerak mengakibatkan metabolisme menurun dan pembakaran sedikit sehingga terjadi kegemukan dan buncit. Terakhir duduk terlalu lama mempengaruhi psikis untuk kebiasaan mengemil yang meningkatkan resiko diabetes.

Yang dapat dilakukan untuk menghindari pegal bagi para pekerja yang duduk lama adalah:
  • Banyak minum air putih dan pipis berkala.
  • Biasakan relaksasi otot tiap 1 jam duduk caranya ialah berdiri sejenak dan melakukan stretching dua atau tiga gaya, lalu berjalan-jalan sebentar 5 menit sambil mengistirahatkan mata melihat objek jauh.
  • Biasakan menggunakan tangga jika hanya naik satu atau dua lantai agar menjaga metabolisme selalu aktif.
  • Menerima telepon sambil berdiri dan merapikan meja atau dokumen sambil berdiri agar saraf bagian punggung bawah dan panggul tidak tertekan terus.
  • Menggunakan kursi yang baik secara ergonomis. Atau memperlengkapi sandaran leher, bantal penyangga pantat, dudukan tangan yang memegang mouse dll agar otot tidak berada pada posisi yang salah selama bekerja.
  • Pegal ringan dapat diredakan dengan pemijatan ahli dan obat gosok yang mengandung metilsalicilat. Hal ini bertujuan meluruskan serat otot yang salah posisi dan kaku karena kelelahan.

Apabila keluhan memberat atau ada gejala bahaya seperti kesemutan yang menetap, nyeri yang tidak hilang dengan istirahat, kelemahan mengangkat satu sisi tangan atau kaki harap memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk kemungkinan penjepitan saraf atau kelainan tulang belakang leher atau punggung.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menari memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan

Menari, Aktivitas Menyenangkan untuk Bakar Kalori

Menari ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Menari dapat membantu membakar kalori, mengurangi risiko terjadinya demensia di usia lanjut, dan dapat sebagai terapi penyembuhan.