12 Jan 2021, 13:47Kandungan

Haid setelah berhubungan seksual

DA
Info Penanya: DA0
Dok saya kemarin berhubungan pada Minggu pagi, dan suami mengeluarkan sperma didalam tetapi di Minggu sorenya saya flek seperti haid biasanya, dan ternyata saya benar haid, dan keesokan harinya jg masih kluar darah haid selama 3hari, apakah kemungkinan dapat hamil?atau tidak?karna saya bingung saya langsung haid setelah berhubungan,
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam DA,Perdarahan pasca berhubungan adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh beragam hal, bisa karena siklus haid yang bertepatan setelah berhubungan seksual, bisa karena perdarahan pasca berhubungan seksual, ataupun penyebab lainnya.Jika setelahnya terjadi perdarahan yang deras seperti menstruasi maka bisa merupakan menstruasi dan berarti tidak terjadi pembuahan ataupun kehamilan. Jika perdarahan hanya berupa flek, maka bisa akibat perdarahan pasca hubungan seksual. Kondisi tersebut bisa karena beberapa faktor seperti:
  • Vagina yang kering
  • Adanya peradangan vagina
  • Adanya infeksi di vagina
  • Gangguan organ reproduksi seperti polip, endometriosis, tumor jinak, miom atau fibroid rahim
Perhatikan juga siklus menstruasinya, apabila sering kali mengalami siklus yang tidak teratur ada baiknya bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan hormonal, pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.Jika sudah ingin segera hamil, bisa coba memperhatikan kondisi kesehatan reproduksi ataupun melakukan pemeriksaan kesuburan baik Anda dan suami agar dapat segera hamil. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksmenstruasiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil