Print USG dan Surat Rujukan

JP Info Penanya: JP, Pria, 49 Tahun
Dokter yg baik..teman saya berobat di rs hermina depok. Hasil USG ngga boleh dibawa pulang...alasannya utk arsip.apakah betul hasil USG pasien ngga boleh dibawa pulang? Dan surat rujukan hanya ditulis tangan..sehingga pihak RS.Fatmawati meminta teman saya kembali utk meminta rujukan yg diprint outt. Mohon penjelasannya.trimakasih. wassaalam.johan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam J,

Sebelumnya saya turut prihatin untuk masalah yang dialami oleh teman anda. Sebelumnya apakah saya boleh bertanya apakah teman anda menggunakan BPJS? Apabila menggunakan BPJS, setahu saya ada beberapa rumah sakit yang tidak memberikan hasil pemeriksaan penunjang (lab, usg, rontgen, dll) dengan alasan sebagai lampiran untuk klaim karena BPJS mau yang asli dilampirkan. RS hanya menuliskan hasil expertise pemeriksaan penunjang di surat rujukan. Akan tetapi apabila pasien meminta difotokopi, dari RS tidak keberatan untuk memberikan.

Untuk masalah rujukan, kembali lagi kepada kebijakan RS. Ada yang menulis tangan. Ada yang diketik. Hampir sebagian besar dari RS masih menerapkan menulis tangan dengan alasan biar lebih cepat apabila mau dirujuk. Bila diketik harus melewati sekretaris RS karena pengarsipan melalui sekretaris (pakai kertas ada kop RS, ada nomor surat, dll).

Semoga penjelasan saya membantu.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mengisi formulir permohonan cetak kartu BPJS jika kartu Anda hilang

Kartu BPJS Hilang? Tenang, Ini Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Kartu BPJS biasanya akan ditanyakan ketika Anda berobat ke faskes. Cara cetak kartu BPJS Kesehatan cukup dengan datang ke kantor BPJS atau juga lewat online.