Pria berpotensi impoten setelah tertular corona, benarkah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dokter, sejak kemarin saya sedikit terganggu dengan pemberitaan pria yang terkena virus corona, berpotensi impoten setelah sembuh. Apakah itu benar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Virus corona adalah salah satu jenis virus baru yang berasal dari Wuhan, China dan sedang menjadi pandemi saat ini. Virus ini penularannya melalui hewan ke manusia dan sekarang manusia ke manusia. Penyebarannya sangat cepat sekali karena melalu droplet (batu, bersin, air liur) manusia.

Virus ini bisa menyerang siapa saja yang imunitasnya lemah, terutama lansia. Untuk itu, pemerintah menganjurkan melakukan social distancing untuk mengurangi penyebaran virus ini. 

Pada dasarnya, virus ini menyerang sistem pernapasan manusia terutama sel paru-paru manusia. Jadi, virus ini tidak akan membuat impotensi pada pria jika pria tersebut terinfeksi virus ini. Itu hanyalah mitos

Untuk itu, baik pria maupun wanita wajib melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi virus corona. Langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Menjaga kebersihan diri dengan cara rajin mencuci tangan.
  • Melakukan pola hidup sehat seperti olahraga yang teratur, makan makanan yang bergizi, minum vitamin C, zinc, B kompleks.
  • Tidur yang cukup.
  • Konsumsi air putih yang banyak.
  • Tidak bepergian kemana-mana apalagi ke negara yang sedang terjangkit wabah COVID-19. 
  • Menggunakan masker penutup hidung dan mulut.
  • Mengkonsumsi jahe, temulawak, dan kunyit untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Salam sehat,

dr. Ester

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mobil dihentikan petugas dengan APD untuk mengikuti PSBB akibat corona

Mengenal Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Dampaknya

PSBB membatasi gerak masyarakat yang akhirnya memberikan dampak besar terutama pada bisnis. Maka dari itu, berbagai keputusan dibuat pemerintah untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan beban pajak.