13 Jan 2021, 18:17Kandungan

Apakah setelah berhubungan seksual 3 hari bisa terjadi kehamilan ?

FW
Info Penanya: FW0
Selamat sore dok, salam sejahtera Izinkan saya bertanya. Apakah usia kehamilan bisa dihitung hari saat setelah istri selesai haid? Untuk seperti kasus, istri yang H+1 selesai haid, lalu berhubungan intim dengn suami, 3 hari setelahnya istri merasa tidak enak badan dan mual-mual. Terimak kasih dok
199 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat ssore, F.Usia kehamilan dapat dihitung dengan beberapa metode antara lain metode perhitungan rumus naegele yaitu dengan melihat hari pertama haid terakhir istri Anda, tanpa memandang apakah saat itu terjadi hubungan seksual, atau masa subur. Namun hal ini sulit digunakan pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan dan usia kehamilan. Selain itu penentuan usia kehamilan dapat digunakan dengan metode pemeriksaan USG baik abdominal maupun transvagina di dokter spesialis kandungan. Pemeriksaan USG ini akurat dalam menentukan usia kehamilan jika dilakukan saat usia kehamilan awal.

Apakah setelah berhubungan seksual 3 hari bisa terjadi kehamilan ?

Proses terjadinya sebuah kehamilan tidak semudah yang dibayangkan, karena merupakan proses yang cukup panjang dimana kehamilan diawali dengan sebuah hubungan seksual antar pasangan suami istri dengan sperma sehat yang masuk ke organ intim wanita, dan membuahi sel telur yang telah matang di dalam tuba falopi. Sel telur akan bertahan di dalam tuba falopi selama 24 jam, dan akan ikut terbawa luruh bersama proses menstruasi jika tidak dibuahi oleh sperma.Saat pasangan melakukan hubungan seksual bisa terjadi pembuahan secara langsung atau dalam 5 hari setelah hubungan seksual karena sperma mampu bertahan hingga 5 hari di dalam rahim. Jika pembuahan telah terjadi, maka akan terbentuk zigot dan berubah menjadi bakal janin dalam waktu 5 sampai 10 hari. Dimana bakal janin yang ada akan dibawa menuju dinding rahim dan segera menempel (proses implantasi). Setelah implantasi janin, maka tubuh akan menghasilkan hormon kehamilan yang menyebabkan mual dan muntah. Gejala morning sickneess ini dapat terjadi saat usia kehamilan memasuki 4 minggu.Jadi gejala yang istri Anda alami mungkin bukan sebuah kehamilan, karena istri Anda baru selesai haid. Hal ini dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung pada gejala sakit magh akibat makanan atau stress. Untuk itu, jika gejala berlanjut, segera ke dokter untuk pemeriksaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilandispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil