Pramentruasi sindrom dan flek kecokelatan

RU Info Penanya: RU, Wanita, 24 Tahun
Hallo dok !!Pertama saya ingin bertanya, hampir 2 bulanan belakangan ini saya seperti mengalama pramenstruasi atau apa itu istilah nya dalam bahasa kedokteran saya kurang paham. Gejala yg di timbulkan saya mengalami seperti mens gitu dan keluar darah saya pikir saya mens tapi hitungan nya lebih cepat dr yang seharus nya. Tapi selang 1-2 hari bersih dan sekitar 4-5 harian saya baru mulai mens yg sebenarnya.Apakah ini normal dok ?Mohon saran nya dok ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RU,

Keluhan yang dialami bisa merupakan flek cokelat dimana hal ini bisa timbul saat menjelang menstruasi. Penyebabnya bisa karena masalah hormonal ataupun jika sering terjadi perdarahan diluar masa menstruasi maka perlu dipastikan. Bisa disebabkan juga oleh masalah di organ reproduksi seperti adanya tumor jinak rahim atau mioma, polip, endometriosis dan penyebab lain.

Jika perdarahan menstruasi tidak teratur dan siklusnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari maka perlu diwaspadai. 

Sementara yang bisa dilakukan adalah:

  • Perbaiki keseharian
  • Jaga pola makan dan makan makanan bernutrisi
  • Cukup tidur dan istirahat
  • Jangan kelelahan
  • Kelola stres
  • Jaga berat badan ideal

Jika menggunakan produk kecantikan atau skincare tertentu bisa diperhatikan apakah mengandung retinoid, retinola, isotrtionin atau turunan vitamin A lain yang tidak jarang bisa berpengaruh juga pada siklus menstruasi.

Jika keluhan flek cokelat masih sering timbul, periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RU
27 Apr 2020, 11:03
Terimasih dok Dan saya ingin bertanya kembali, terkait keputihan Jadi saya m 2 bulan belakangan ini setelah haid pasti keputihan dan itu bisa berhari2 brenti pun hanya beberapa hari saja. Dan muncul lagi menjelang masa menstruasi saya, saya pikir ini tidak wajar ya.Tapi bagaimana menurut dokterSaran dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Apr 2020, 22:02
Siang RU,
Jika keputihan tidak normal seperti ada rasa gatal, nyeri perut, nyeri saat buang air kecil, ada bau khas maka perlu diperiksakan. Tapi jika keputihan tidak banyak, tidak berubah warna, tidak berubah konsistensinya maka bisa keputihan normal saja yang disebabkan perubahan hormonal ataupun sebagai tanda masuk masa subur atau ovulasi.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.