Apakah cairan pre-ejakulasi saat berhubungan seksual bisa membuat hamil?

ZK Info Penanya: ZK
Siang dok saya ingin bertanya, bila melakukan hubungan diluar (kelamin tidak masuk) tetapi penis mengeluarkan cairan praejakulasi dan sempat menempel dengan vagina. Dalam waktu 5-10 menit saya dengan cepat membersihkan vagina saya dengan air, apakah hal tersebut bisa membuat hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ZK.

Hubungan seksual adalah hal yang rutin dilakukan oleh suami istri. Tujuan berhubungan adalah mendapat keintiman sekaligus keturunan. Oleh karena itu, pada pasangan yang tidak menginginkan kehamilan, biasanya mereka akan melakukan metode pencegahan kehamilan yang disebut kontrasepsi, baik secara alami maupun buatan (dengan alat).

Metode yang Anda lakukan, yaitu mengeluarkan sperma di luar vagina disebut dengan sanggama terputus atau coitus interruptus. Metode ini sebenarnya kurang efektif untuk mencegah kehamilan, karena cairan pre-ejakulasi juga mengandung sperma dan bisa menyebabkan kehamilan, walaupun kemungkinannya kecil. 

Oleh karena itu, apabila Anda sudah menikah dan ingin mencegah kehamilan, disarankan untuk menggunakan metode lain bersamaan dengan sanggama terputus. Anda bisa membuat kalender masa subur dan menghindari berhubungan pada hari-hari tersebut, atau bisa dipertimbangkan dibicarakan ke pasangan untuk menggunakan kontrasepsi buatan seperti kondom, pil, suntik, atau lain-lain. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kontrasepsi yang sesuai bagi Anda.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rambutan untuk ibu hamil ternyata menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat dan Efek Samping Rambutan untuk Ibu Hamil

Buah rambutan bisa menjadi pilihan kudapan menyegarkan bagi ibu hamil. Selain itu, manfaat rambutan untuk ibu hamil juga beragam. Namun, hati-hati juga dengan efek sampingnya, ya!