04 Aug 2021, 21:03Kandungan

Postinor apa efeknya?

FA
Info Penanya: FA, Pria, 20 Tahun
Dok saya ingin bertanya pasangan saya menggunakan postinor setelah 2 hari berhubungan dan dihari ke 8 setelah menggunakan postinor ada darah kluar sperti haid berwarna kecoklatan saya dia itu haid tapi ketika hari ke 2 tidak deras seperti haid dok apa itu karna efek obat itu dok???
69 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang FA,Postinor adalah obat yang digunakan sebagai kontrasepsi darurat. Namanya darurat artinya dipakai jika dibutuhkan saja dan tidak bisa dirutin setiap kali selesai berhubungan seksual. KB darurat ini biasanya dipakai oleh pasangan yang sudah terlanjur berhubungan seksual namun lupa tidak pakai kondom atau wanitanya lupa minum pil KB atau melewatkan jadwal KB suntiknya.Pil KB ini harusnya diminum sesegera mungkin paska berhubungan seksual dan sebelum 72 jam. Semakin lama jarak antara minum obat dengan berhubungan seksual, maka akan semakin berkurang keefektifan obatnya.Mengenai darah yang keluar maka seharusnya efek dari pil KB darurat yang pasangan Anda minum. Selain itu juga bisa darah yang keluar adalah darah haid karena tidak diinfokan kapan jadwal haid pasangan Anda. Anda dan pasangan tidak perlu cemas. Dan sebaiknya jika memang tidak siap hamil maka sebaiknya menggunakan kondom atau KB rutin seperti pil KB, suntik KB , implan atau IUD. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan jika Anda bingung dengan jenis KBnya.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil