02 Nov 2020, 00:25Kandungan

Apa tanda postinor gagal bekerja?

K
Info Penanya: K, Pria, 22 Tahun
Halo dok, kalau saya baca di post sebelumnya meminum 2 postinor sekaligus resiko kegagalanya tinggi Tanda tanda postinor itu gagal bekerja seperti apa ya dok?
7116 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang K,Postinor adalah salah satu merek obat yang termasuk dalam kategori pil KB darurat. Obat ini dikatakan sebagai pil KB darurat karena memang diminum saat darurat yakni Anda sudah terlanjur berhubungan seksual namun tidak menggunakan kondom atau melupakan jadwal KB dan tidak menghendaki adanya kehamilan.Postinor 2 yang mengandung levonorgestrel ini tersedia dalam bentuk 2 tablet yang masing-masing mengandung 0,75 mg levonorgestrel. Cara minum postinor ini sendiri diminum dengan cara pil pertama diminum segera setelah berhubungan seksual dan wajib diminum sebelum 72 jam paska berhubungan seksual. Sedangkan pil kedua diminum jarak 12 jam dari pil yang pertama. Kenapa 2 pil ini tidak diminum sekaligus? Hal ini untuk mengurangi efek samping yang muncul sehingga perlu diberi jeda waktu. 

Efek samping postinor 2 yang sering muncul adalah:

  • Mual muntah.
  • Payudara terasa lebih tegang.
  • Pusing.
  • Perut kram.
  • Perdarahan.
Perihal apa tanda-tanda kegagalan postinor tentunya Anda harus menunggu sampai Anda terlambat haid. Tidak adanya perdarahan bukan berarti postinor Anda gagal bekerja. Selama Anda meminum postinor dengan cara yang benar dan sesegera mungkin setelah berhubungan seksual, maka kemungkinan kehamilannya akan semakin kecil hingga hanya 1% saja. Lakukan tes pack bila nantinya Anda mengalami terlambat haid selama 1 minggu.Salam sehat,dr. Vina 
hubungan seksualhamilpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil