22 Jul 2020, 17:07Kandungan

Bagaimana cara menggunakan kontrasepsi

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
Selamat sore dokter, bagaimanakah penggunaan postinor yg benar? Kalau berdasarkan instruksi di box nya minum 2 pil sekaligus, tapi saya baca di forum kok pil ke 2 diminum 12 jam setelah pil pertama? Apakah kalau diminum 2 pil sekaligus efektivitasnya berkurang dan efek samping meningkat? Apakah efeknya bisa mempengaruhi siklus haid? Terimakasih..
8691 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang A,Postinor adalah salah satu alat kontrasepsi yang  digunakan untuk mencegah kehamilan terutama jika tidak sengaja ataupun tanpa direncanakan terjadi hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung yang berisiko terjadi kehamilan atau istilahnya adalah kontrasepsi darurat.Postinor sendiri merupakan obat atau alat kontrasepsi yang berisi kandungan levonorgestrel. Dimana selain sebagai kontrasepsi juga digunakan sebagai terapi pengganti hormon terutama untuk menopause. Obat ini termasuk pada obat keras atau berlogo merah, dimana penggunaannya perlu diberikan dan diresepkan oleh dokter. Untuk dosis dan anjuran penggunaan sendiri dapat berbeda-beda tergantung indikasi penggunaannya. Untuk itu tidak dibenarkan membeli sendiri tanpa resep dokter. Ada baiknya bisa memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan kondisi Anda dan juga menyesuaikan obat yang digunakan baik jenis obat, dosis obat dan juga cara penggunaannya.

Efek samping postinor

Jika tidak dikonsumsi dengan cara dan dosis yang tepat dapat menimbulkan efek samping. Efek samping yang bisa timbul diantaranya seperti:
  • Gangguan siklus menstruasi
  • Mual dan muntah
  • Membuat sakit kepala
  • Rasa nyeri di payudara
  • Adanya reaksi alergi seperti gangguan kulit, bengkak pada tubuh
  • Masalah lain seperti gangguan darah sampai risiko berat seperti stroke, gangguan jantung dan gangguan pembuluh darah lain
Untuk itu perlu penilaian dan pemeriksaan terlebih dahulu terutama jika memiliki masalah liver, ginjal, jantung, kista ovarium, kondisi menyusui ataupun gangguan kesehatan lain. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil