13 Jul 2020, 23:31Kandungan

Keluar darah setelah minum kontrasepsi darurat

M
Info Penanya: M0
Dok saya mau bertanya, tgl 1 - 6 juli saya menstruasi. Tgl 7 siang nya saya berhubungan badan dan ejakulasi di dalam miss v, lalu malam hari nya saya meminum postinor. Hari ini tgl 13 saya keluar darah lagi seperti menstruasi, bertanda apa ya dok? Atau ini efek samping dari postinor nya?
13278 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, M.Kontrasepsi darurat adalah metode yang digunakan untuk mencegah kehamilan dalam situasi darurat. Misalnya, ketika terlanjur melakukan hubungan seksual tetapi kondom bocor, atau lupa mengonsumsi pil dalam jadwal yang rutin. Kontrasepsi darurat ini memiliki efektivitas 95% jika diminum dengan cara yang benar, yang berarti masih ada kemungkinan 5% kehamilan.

Efek Samping Kontrasepsi Darurat

Kandungan kontrasepsi darurat adalah hormon, dimana kontrasepsi ini dapat memicu efek samping mengubah hormon alami tubuh. Beberapa efek samping yang mungkin dialami adalah:
  • Perubahan siklus haid ke depannya
  • Mual dan muntah
  • Pusing
  • Nyeri payudara atau bagian tubuh lainnya
  • Emosi yang menjadi tidak stabil
  • Reaksi alergi, walau jarang terjadi
Mengenai kondisi yang Anda sampaikan, darah yang keluar seminggu setelah mengonsumsi kontrasepsi darurat bisa jadi merupakan efek samping, dimana haid kembali datang lagi. Tetapi, ada juga kemungkinan lain, yaitu darah tersebut adalah bercak implantasi (tanda terjadinya kehamilan), yang berarti kontrasepsi darurat gagal untuk mencegah kehamilan.Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menunggu sampai siklus haid normal selanjutnya. Apabila tidak mengalami haid, disarankan untuk melakukan testpack atau diperiksakan USG ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dengan demikian, akan terkonfirmasi dengan jelas apakah hamil atau tidak.Apabila tidak hamil, ke depannya mungkin Anda dan pasangan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi lain yang lebih efektif, seperti pil, suntik, atau IUD. Anda juga bisa mengonsultasikan masalah kontrasepsi apa yang cocok kepada dokter, ya.  Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil