Apakah mungkin hamil setelah mengonsumsi postpill?

VN Info Penanya: VN, Wanita, 34 Tahun
Hallo dok, saya berhub tgl 23 tanpa pengaman saya konsumsi postpill 2pack 4btr sekaligus tgl 25 setelah minum obat tsb saya keputihan kental seperti susu tapi tidak berbau&tidak gatal apakah itu normal? Siklus menstruasi saya 35hari bulan lalu saya menstruasi tgl 3 saat ini saya belum menstruasi apakah saya ada kemungkinan hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore VN,

Jika berhubungan seksual tanpa pengaman dan ada ejakulasi di dalam, bisa memiliki kemungkinan terjadinya kehamilan. Jika setelahnya mengonsumsi postpill bisa membantu mencegah terjadinya pembuahan. 

Apabila saat ini terlambat haid, ada baiknya dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack. Karena jika postpill tidak diminum dengan dosis tepat dan waktu yang tepat bisa tetap terjadi kehamilan.

Penyebab terlambat menstruasi

Meskipun begitu, terlambat haid dan siklus yang tidak normal sendiri tidak selalu karena kehamilan. Bisa juga disebabkan faktor lain seperti:

  • Masalah hormonal tubuh
  • Adanya beban pikiran atau stres
  • Berat badan yang turun drastis
  • Kelelahan
  • Masalah di organ reproduksi seperti misalnya PCOS

Jadi perhatikan dulu dan jika dalam 2 minggu masih belum hamil, bisa ulang dilakukan testpack dan perhatikan kesehariannya agar membantu melancarkan haid.

Jika nanti tetap tidak haid juga apalagi sampai 90 hari, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan untuk dipastikan penyebabnyadan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.