14 Sep 2021, 02:33Kandungan

Bagaimana carakonsumsi pil kb darurat?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 19 Tahun
Sebelumnya saya sudah meminum satu tegukan soda kemudian selang beberapa menit sama minum sekaligus 2 pil postinor, apakah obat tersebut tetap beraksi atau tidak. Dan apakah saya haru meminum pilnya kembali sebelum 48 jam
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Hubungan seksual, memang memiliki resiko terjadinya kehamilan. Kemungkinan ini pun akan semakin tinggi, jika hubungan dilakukan pada saat wanita sedang dalam masa suburPostinor adalah salah satu merek kontrasepsi darurat yang dapat dikonsumsi setelah hubungan seksual tanpa KB. Pilihan kontrasepsi ini tidak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin karena mengandung hormon yang cukup besar dan memiliki efek samping yang cukup banyak.

Cara minum kontrasepsi darurat yang efektif

Postinor terdiri dari dua tablet dan cara konsumsinya adalah 1 tablet diminum sebelum 72 jam setelah hubungan seks, dan tablet kedua 12 jam setelah tablet pertama. Mengkonsumsi 2 tablet sekaligus, umumnya cenderung menurunkan efektifitasnya namun mengkonsumsi pil ini setelah minum soda tidak akan berpengaruh terhadap apapun.Meskipun sudah terlanjur dikonsumsi 2tablet sekaligus, Anda tidak perlu konsumsi ulang KB ini karena ditakutkan akan menyebabkan efek samping yang lebih besar. Setelah konsumsi pil ini, umumnya dapat terjadi perdarahan dalam 7hari atau gangguan haid. Namun jika tidak ada perdarahan atau haid justru terlambat, coba lakukan testpack dan konsultasi ke dokter kandungan. Bila belum siap hamil, pertimbangkan untuk memakai KB lain untuk mencegah kehamilan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil