03 Jul 2021, 10:53Kandungan

Apakah boleh konsumsi pil postibor lebih dari 2 tablet sebulan ?

SD
Info Penanya: SD0
Saya berhubungan intim pada tanggal 26 juni dan meminum postinor 2 dan ejakulasi didalam, pada tanggal 28 juni saya berhubungan intim lagi dan ejakulasi didalam setelah 5 ronde. tetapi saya lihat jadwal ovulasi saya itu menunjukkananggal 26 dan 28 adalah masa setelah ovulasi saya. Serta saya mengalami sakit perut dan juga pusing setelah minum postinor. Pertanyaan : 1. Bagaimana tingkat kehamilan nya ? 2. Apa saran Anda untuk saya ? 3. Efektivitas postinor dalam kasus seperti itu bagaimana ya ?
136 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, S.Postinor adalah pil KB darurat. Dari namanya saja Anda sudah bisa tahu klo pil ini diminum hanya dalam keadaan darurat saja yaitu lupa minum pil KB sebelumya, tidak suntik KB kembali, tidak menggunakan kondom saat berhubungan, kondom terlalu besar atau terlalu kecil sehingga sperma tumpah dan masuk ke vagina.

Bagaimana tingkat kehamilan setelah minum postinor ?

Anda yang berhubungan di tanggal 26 Juni dan 28 Juni dimana keduanya ejakulasi di dalam vagina tanpa alat kontrasepsi dan langsung minum pil postinor, jika diminum dengan cara yang benar yaitu segera 1 tablet pasca berhubungan dan tablet kedua dengan jarak 12 jam setelahnya, maka tingkat kehamilan rendah hanya sekitar 1 %. Tapi kemungkinan kehamilan itu tetap ada.Pil postinor mengandung hormon yang dapat mencegah pembuahan. Selain bermanfaat dalam mencegah kehamilan, pil postinor juga memiliki banyak efek samping seperti sakit perut, diare, mual, muntah, sakit kepala, sakit pada payudara, gangguan siklus haid bahkan menurunkan kesuburan.Pil postinor sebaiknya tidak diminum lebih dari 2 tablet dalam sebulan karena dapat meningkatkan efek samping. Efektifitasnya masih besar jika Anda minum pil postinor seperti cara di atas.  Pilih alat kontrasepsi lainnya jika Anda ingin berhubungan tetapi belum mau memiliki momongan. Salah satu alat kontrasepsi yang paling mudah ditemui adalah kondom.Anda dapat bawa istirahat, kompres hangat pada perut, minum segelas air hangat dan parasetamol untuk meredakan keluhan. Jika tidak kunjung membaik, segera konsultasi ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seks beresikomerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil