Apakah postinor dapat mencegah kehamilan?

S Info Penanya: S, Wanita, 20 Tahun
Dok, jika minum postinor ketika 60 jam setelah hubungan. Apakah masih dapat mencegah kehamilan?Jika pembuahan sudah terjadi. Apakah postinor masih bisa mencegah kehamilan?Masa subur saya sulit diketahui karna saya memiliki siklus haid yang tidak teratur (jarang haid) dari usia 12 taun saya prtama haid. Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SS.

 

Kehamilan merupakan proses yang terjadi dari pembuahan sampai kelahiran, dimana sel telur akan dibuahi oleh sperma, lalu tertanam di dalam lapisan rahim, dan kemudian menjadi janin.

Kontrasepsi adalah metode atau alat yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. 

Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang umum digunakan:

  • IUD 
  • Kondom
  • Pil Kb
  • Impan
  • Suntik Kb
  • Tubektomi.

Sedangkan alat kontrasepsi darurat adalah alat kontrasepsi yang digunakan segera setelah melakukan hubungan seksual untuk mencegah kehamilan.

Terkait dengan pertanyaan Anda Postinor merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi darurat yang dapat digunakan dan efektif untuk mencegah kehamilan. Dimana seseorang dapat meminumnya dalam jangka waktu 72 jam pasca berhubungan seksual. Jadi jika Anda meminum 60 jam pasca hubungan seksual kemungkinan proses kehamilan masih dapat dicegah. Tetapi saran saya sebaiknya Anda memilih alat kontrasepsi lain jangan jenis yang darurat. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk memilih kontrasepsi yang tepat untuk Anda.

Untuk kondisi haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh hormon tidak stabil, stres, penggunaan KB, serta penyakit kandungan seperti kista dan mioma. Maka tetap banyak makan sayur dan buah, minum air putih, serta berolahraga teratur untuk melancarkan haid Anda.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh S
22 May 2020, 15:08
Iya dok. Saya stelah minum postinor keesokannya sampai skrng saya kram perut dan agak mual sprti menstruasi. Dan tdi saya mengecek tes ovulasi. Trnyata positif. Akankah saya hamil?Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
23 May 2020, 09:02
Selamat pagi,S.
Untuk test ovulasi ini untuk menunjukkan masa subur seseorang ya. Jika nanti ada keterlambatan haid bisa saja ada kemungkinan hamil namun jangan langsung menyimpulkannya sebab telat haid juga dapat terjadi karena stres, hormon tdk stabil, penggunaan Kb, dan penyakit pada kandungan seperti kista, mioma, endometriosis. Lakukan test pack dulu ya bila telat haid.
Dibalas oleh S
23 May 2020, 12:01
Siap dok. Tapi berhubungan saya hanya petting menggesekan itu pun tdk ejakulasi, tdk penetrasi, ereksi pun jarang hrs d rangsang. Tdk trjadi d dalam ms V. Tpi 2 jam sblmnya ejakulasi d wc krna oral sex stelah itu d basuh pakai air. Apakah mungkin hamil juga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 May 2020, 07:32
Selamat pagi S,
Kemungkinan hamil ada, tetapi sangat kecil, karena menggesekkan juga memungkinkan cairan pre-ejakulasi masuk ke vagina ya.
Lalu, terkait ereksi yang jarang, apakah saat petting ada ereksi? Jika tidak ereksi, periksakan juga ke dokter spesialis andrologi ya karena takutnya gangguan ereksi. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.