Siklus haid berubah setelah mengonsumsi pil kontrasepsi darurat, kenapa?

L Info Penanya: L
Halo dok? saya mau bertanya, saya berhubungan dengan suami 25 april dan di tanggal 26 april saya minum postinor 2. Lalu siklus mens saya seharusnya tanggal 12 mei, tapi tanggal 1 mei saya mens namun darah yang keluar sangat sedikit. Di tanggal 11 mei saya flek coklat dok sampai saat ini tanggal 13mei dan tidak mengeluarkan darah seperti mens yang terjadi pada bulan sebelumnya. Kenapa ya dok bisa seperti itu? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Pil kontrasepsi darurat adalah metode untuk mencegah kehamilan dalam keadaan 'darurat'. Misalnya, pada pasangan yang mengalami kebocoran kondom atau ketika salah menghitung masa subur. Pil ini mengandung levonogestrel (bentuk sintetik hormon progesteron), yang bekerja mencegah pelepasan sel telur dari ovarium sehingga tidak dapat dibuahi. Selain itu, pil ini juga mengubah kekentalan lendir rahim agar sperma tidak bertahan hidup. 

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, salah satu penyebab terlambat haid adalah penggunaan kontrasepsi hormonal. Oleh karena itu, bisa saja Anda mengalami perubahan siklus haid karena konsumsi pil tersebut. Juga, perlu diingat bahwa efektivitas kontrasepsi darurat adalah 95%, yang berarti masih ada kemungkinan 5% untuk hamil. Anda dapat melakukan testpack untuk memastikan.

Selain kehamilan dan penggunaan kontrasepsi, terlambat haid juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, gangguan hormon tiroid, stres yang berlebih, atau PCOS. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, 
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi calon ibu perlu mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya

6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Ibu hamil disarankan untuk tetap rutin berolahraga. Namun sebelum melakukannya, penting bagi para calon ibu untuk mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya.