24 Jan 2021, 18:15Kandungan

Penggunaan postinor setelah berhubungan intim

AF
Info Penanya: AF0
Ass Dok saya mau tanya.bln 12 2020 saya menggunakan postioner 2. Bln 1 2021 saya berhubungan dan sepermainan suami saya masuk.apakah tidak apa2 sayang menggunakan nya lagi.?
206 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, AF.Postinor adalah merek dagang dari kontrasepsi darurat yang mengandung levonorgestrel. Sesuai namanya, kontrasepsi ini sebaiknya digunakan dalam kondisi darurat, misalnya ketika pihak wanita lupa mengonsumsi pil, atau ketika berhubungan dengan kondom yang bocor. Postinor tidak diperuntukkan untuk penggunaan secara rutin.Apabila Anda telah mengonsumsi postinor bulan Desember, lalu ingin mengonsumsinya lagi bulan Januari, hal tersebut tidak disarankan. Apabila Anda dan suami memang bermaksud menunda kehamilan tetapi ingin berhubungan intim secara rutin, pilih kontrasepsi lain yang dapat digunakan secara teratur, misalnya pil, suntik, atau implan.

Perlu diketahui bahwa kandungan postinor dapat menyebabkan perubahan hormon alami tubuh, sehingga mungkin memicu beberapa efek samping seperti:

  • perubahan siklus menstruasi
  • perubahan jenis kulit (misalnya menjadi berjerawat atau berminyak)
  • kenaikan berat badan
  • mual dan muntah
  • ketidakseimbangan hormon tubuh
Jadi, hindari menggunakan postinor terlalu sering ya. Mulailah berdiskusi dengan pasangan Anda terkait metode kontrasepsi yang cocok, kemudian kunjungi dokter spesialis kandungan untuk memulai penggunaannya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil