27 Sep 2020, 15:03Penyakit Lainnya

Post operasi trepanasi pada wanita, apakah berisiko terhadap janin?

R
Info Penanya: R, Pria0
Selamat sore dok. Ijin menanyakan setelah post ops trepanasi dan itu kjadian sudah 7 th an lebih. Faktor resiko yg terjadi jika pada wanita dan akhirnya wanita itu hamil, apakah ada faktor resiko lain terhadap janinnya nnt ya dok??petunjuk
297 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang R,Operasi trepanasi yang dimaksud mungkin adalah craniotomy atau operasi kepala yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf untuk menangani beberapa masalah di kepala sehingg diperlukan akses untuk mengevaluasi keadaan otak.Beberapa diantaranya adalah:
  • Perdarahan di otak karena pecahnya pembuluh darah
  • Adanya massa atau tumor di otak
  • Adanya cedera kepala
  • Pembengkakan otak
  • Penanganan hidrosefalus
  • Adanya peningkatan tekanan intrakranial
Jika operasi sudah berlangsung bertahun-tahun sebelumnya seharusnya tidak lagi menimbulkan permasalahan, tetapi bisa ada beberapa efek ringan seperti misalnya sakit kepala. Jika masih ada keluhan tersebut bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis saraf ataupun dokter spesialis bedah saraf yang menangani sebelumnya.Untuk wanita yang pernah mengalami operasi craniotomy sendiri tidak berkaitan langsung dengan kesuburan, kehamilan ataupun hal lain terkait saluran reproduksi. Jadi jika nantinya hamil tidak ada risiko tertentu pada kehamilannya.Untuk itu apabila hamil, perlu dilakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala untuk mengetahui kondisi kehamilan dan perlu juga menjaga kesehatan dan asupan nutrisi agar kehamilan dapat berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
operasikehamilancedera kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil