Pijat setelah operasi tulang belakang, apakah boleh?

LP Info Penanya: LP, Pria, 31 Tahun
Sore Dok,2 tahun lalu saya menjalani operasi pada daerah tulang belakang karena saraf terjepit (HNP). Sampai saat ini masih terjadi ngilu dan sakit di tempat yang sama walaupun intensitas dan frekuensi tidak seperti sebelum oeprasi. Apakah saya perlu operasi ulang? Atau bolehkan saya menjalani terapi tradisonal pijat urut seperti itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, LP.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Saraf terjepit adalah suatu kondisi ketika saraf mengalami tekanan berlebih akibat dari jaringan-jaringan di sekitarnya, seperti tulang, tulang rawan (kartilago), atau otot. Dalam bahasa medis, kondisi ini dikenal dengan Hernia Nukleus Pulposus (HNP).

Biasanya, gejala saraf terjepit adalah seperti berikut:

  • Nyeri pada lengan atau kaki, tergantung saraf mana yang terkena
  • Otot terasa lemah
  • Kesemutan
  • Mati rasa atau kebas
  • Rasa terbakar

Ketika dokter spesialis saraf atau dokter spesialis orthopedi sudah menegakkan diagnosis saraf terjepit melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, dokter akan memberikan obat atau fisioterapi sebagai penanganan awal. Jika tidak berhasil, dokter akan melakukan tindakan operasi, seperti yang Anda alami.

Umumnya, masa pemulihan operasi adalah enam minggu. Namun, masa pemulihan ini akan tergantung seberapa parah keluhan Anda dulu, dan seberapa rumit operasi yang dilakukan. Biasanya dokter akan menjadwalkan kontrol rutin untuk memeriksa kondisi tulang belakang Anda secara berkala.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari nyeri adalah:

  • Menjaga postur tubuh yang baik, pastikan postur tubuh aman dan nyaman saat bekerja
  • Menjaga berat badan ideal
  • Tidur dan istirahat yang cukup
  • Pijat dapat membuat otot menjadi lebih rileks. Namun, berikan hanya pijatan ringan di area yang nyeri, bukan urutan keras.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelumpuhan termasuk komplikasi penyakit GBS yang dapat menyerang penderitanya

Tangani Gejala Awal Penyakit GBS agar Tak Alami kesulitan Bernapas

Meski menyebabkan kelumpuhan dan bisa mengakibatkan kematian, sekitar 70% penderita penyakit GBS atau Guillain-Barre syndrome berhasil pulih. Perawatan intensif harus diberikan dalam waktu dua minggu setelah muncul gejala awal, guna mencegah komplikasi agar kondisi penderita bisa kembali normal.